Aliansi Mahasiswa Cirebon Gelar Aksi Peringati Hari Tani Nasional

Cirebon – Aliansi Mahasiswa Cirebon, dari beberapa organisasi mahasiswa eksternal yaitu, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), gelar aksi memperingati Hari Tani Nasional, Selasa (25/09).

Aksi refleksi ini sebagai bentuk keprihatinan mereka kepada para petani, selama pemerintahan Jokowi-Jk, banyak lahan-lahan persawahan yang di gusur, sehingga menyebabkan para petani kehilangan penghasilan.

Menurut Fatkhurrohman Ketua Rayon PMII El-Faruk Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Mahasiswa sebagai kaum terdidik jangan hanya diam saja ketika melihat realita seperti ini.
“Kita sebagai kaum terdidik, jangan hanya diam saja ketika ada penindasan seperti ini, nasi yang kita makan setiap hari hasil pekerjaan dari para petani, kalau enggak ada petani kita tak bisa makan nasi lagi,” Ujar Fatkhurrohman saat berorasi.
Reforma Agraria adalah suatu penataan ulang terhadap susunan kepemilikan, penguasaan, dan penggunaan sumber-sumber agraria terutama tanah untuk kepentingan rakyat kecil dengan secara menyeluruh. “Dengan hal ini kami sebagai mahasiswa sangat peduli, terhadap penindasan kepada rakyat kecil, penataan tanah secara menyeluruh ini lebih dikenal sebagai land refrom yang bukan hanya menuju kepada tanah pertanian saja, namun juga ke tanah perhutanan dan perkebunan juga,” ungkap Danu Ketua Komi Syariah HMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. (Uya)