Tanggulangi Penyakit TBC, LKNU Indramayu Gelar Pelatihan Kader

PerisaiNews, (Indramayu)-Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama Kabupaten Indramayu Gelar Pelatihan Kader TB angkatan II selama tiga hari berturut-turut di Balai Desa Kedokanbunder Kecamatan kedokanbunder.

Acara yang dilaksanakan sejak tanggal 19-21 September 2018 diikuti oleh 22 orang perwakilan Puskesmas dan Organisasi Kepemudaan dari 8 Kecamatan tersebut tidak hanya diisi dengan penyampaian materi diruangan saja. Peserta juga dilatih langsung dengan melakukan praktik lapangan, melakukan edukasi serta investigasi kontak penderita TBC dengan lingkungan sekitar.
Minimnya pengetahuan masyarakat tentang penyakit TB membuat mereka menjadikannya penyakit warisan dan aib bagi keluarga, sehingga mereka enggan untuk mengaku dan melakukan pengobatan karena takut dijauhi oleh masyarakat sekitar.
Fatchul Majid salah satu peserta pelatihan mengaku baru mengetahui bahwa penyakit TBC bukanlah penyakit warisan. ” saya baru mengetahui kalau TBC itu penyakit menular yang sangat mudah penularannya, hanya terkena bersin penderita saja kita bisa tertular. padahal kan masyarakat mikirnya itu penyakit turunan” kata lelaki yg biasa disapa Majid.
Ketua LKNU H. Sutangi berharap dengan adanya kader TB mampu mengurangi jumlah penderita TBC di Indramayu. ” saya sangat berharap dengan adanya pelatihan kader TB ini mampu menambah pengetahuan warga tentang penyakit TBC dan mampu mengurangi jumlah penderita TBC di Indramayu” Harap H. Sutangi.
hal senada juga disampaikan oleh Alif Alfian selaku unit pelaksana LKNU Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengatakan bahwa kader TB merupakan pendamping masyarakat. ” para kader ini yang akan terjun langsung mendampingi masyarakat agar mereka mau memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat dan mau melakukan pengobatan agar jumlah penderita TBC berkurang” ungkap Alif. (Her)