-->

Inalum Kirim 11 Orang Peserta AKIPBA



Batu Bara, Perisainusantara.com

Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA) membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024/2025. Pendaftaran dimulai 10 Juni 2024 hingga 24 Juni 2024, terbuka untuk lulusan SMA/MA/SMK tahun 2022-2024 dari keluarga prasejahtera di sekitar perusahaan.

Berada di bawah naungan Yayasan Keluarga Besar Bukit Asam (Yakasaba), Inalum memberikan beasiswa penuh kepada 11 peserta yang dinyatakan lulus seleksi.

AKIPBA didirikan oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA). Masing2 anggota holding pertambangan diantaranya PT Inalum, PT Timah Tbk (TINS), PT Antam Tbk (ANTM) mendukung Perguruan Tinggi ini dengan mengirimkan peserta utk mendapatkan pendidikan di akademi ini. Hal ini menjadi wujud nyata komitmen perusahaan dalam pemenuhan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi untuk memenuhi kebutuhan industri pertambangan.

Terdapat 3 program studi (Diploma 1) di AKIPBA, yaitu Teknik Pengoperasian Alat Tambang, Teknik Perawatan Alat Tambang, dan Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara.

Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) Kuala Tanjung mengirim 11 orang peserta dari beberapa kabupaten kota Se Sumatra Utara, Kab. Batu Bara 30 Agustus 2024. 

Nama-nama Peserta:

1. Dimas Hokka Pratama Marpaung : Ambar Halim, Pintu Pohan Meranti, Toba

2. Diky Afriadi : Dusun Pandau Palas, Medang Deras, Batu Bara

3. Yoga Pranata : Dusun I Rahmadsyah, Air Putih, Batu Bara

4. Hasby Hasiddiqi : Dusun Padang Serunai, Kuala Indah, Sei Suka, Batu Bara

5. Muhammad Al Hafiz : Dan Melati, Tanjung Kubah, Air Putih, Batu Bara

6. Siti Amina : Dsn Durian, Desa Pelanggaran, Laut Tador, Batu Bara

7. Dinda Zahra : Jl sangkot Lubis, dsn 1, Sei Suka, Batu Bara

8. Tengku Nurul Azmi : Jl. Cimuk, lingkungan IV, teluk Nibung, Kota Tanjung Balai

9. Nazwa Azuhra Sitepu : Huta V Nagori, Bandatlr Tinggi, Bandar Masilam, Simalungun

10. Dimas hariandi : Dusun Pematang Sijago, Sei Suka, Batu Bara

11. Fiandi Johanes Tambunan :  Dusun 2, Desa Pintu Pohan Dolok, Pintu Pohan Meranti, Toba.

Ali Hasian Harahap (CSR) menuturkan “PT Inalum berkomitmen melaksanakan program TJSL salah satunya di bidang pendidikan. Dengan program beasiswa AKIPBA ini memberikan kesempatan untuk para siswa mendapat pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi lagi. Tutup Ali Hasian.

Penulis: Yusribajang


Share:

Ricko Waas: Penataan Hiburan di Medan Jadi Prioritas untuk Meningkatkan Kualitas Seniman Lokal

Ricko Waas: Penataan Hiburan di Medan Jadi Prioritas untuk Meningkatkan Kualitas Seniman Lokal



MEDAN – Perisainusantara.com 

Calon Wali Kota Medan, Ricko Waas, menyatakan keinginannya untuk menata ulang industri hiburan di Medan, agar para musisi dan seniman setempat dapat mencapai kualitas yang setara dengan para artis dan musisi di Jakarta. Pernyataan ini disampaikan pada 1 September 2024, di Medan.

"Saya ingin melihat perubahan signifikan dalam bidang kesenian, baik yang berasal dari daerah maupun tren musik modern. Penataan yang lebih baik akan menjadi prioritas utama saya untuk seluruh aspek kesenian, termasuk keragaman budaya yang ada," ungkap Ricko.

Menurut Ricko, Medan memiliki keragaman budaya yang tidak dimiliki daerah lain, dan hal inilah yang mendorong dirinya untuk lebih serius menata kota Medan. Dia berharap bahwa para pelaku hiburan di Medan tidak perlu lagi hijrah ke Jakarta. "Kami akan membangun pusat inspirasi bagi para kreator yang berlokasi di Medan," tambahnya.

Lebih jauh, Ricko juga menyoroti keinginannya untuk menghidupkan kembali kampung musisi Medan yang pernah berjaya di era 90-an. "Medan akan bangkit kembali dengan seniman-seniman berbakat yang memiliki jiwa seni tinggi. Saya berkomitmen untuk mewujudkannya bagi industri hiburan dan para musisi di Sumatra Utara," jelas Ricko.

Pernyataan ini disampaikan Ricko dalam pertemuan dengan awak media yang tergabung dalam Relawan Lintas Suku (Relis) di kantor sekretariat tim pemenangannya bulan lalu. 

(Boim)

Share:

Jelang Pilkada Damai' 24, Polres Batu Bara Gelar Berbagai Perlombaan dan Potong Nasi Tumpeng HUT ke 44 AKBP Taufiq Hidayat, S.H, S.I.K

Jelang Pilkada Damai' 24, Polres Batu Bara Gelar Berbagai Perlombaan dan Potong Nasi Tumpeng HUT ke 44 AKBP Taufiq Hidayat, S.H, S.I.K



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Polres Batu Bara menggelar kegiatan olahraga bersama dalam rangka menyambut Pilkada damai serentak di Kabupaten Batu Bara. 

Acara yang dipimpin langsung oleh Kapolres Batu Bara, AKBP Taufiq Hidayat Tayeb, S.H., S.I.K., ini melibatkan seluruh personil Polres, Bhayangkari Cabang, serta Ranting Polres Batu Bara. 

Dengan tema "Ciptakan Situasi Kamtibmas yang Kondusif, Sehat Jasmani dan Rohani dalam Mensukseskan Pilkada Damai", kegiatan ini berlangsung pada Jumat, (30 Agustus 2024).

Setelah olahraga bersama, acara dilanjutkan dengan perayaan ulang tahun Kapolres Batu Bara yang ke-44. Perayaan tersebut berlangsung di Lapangan Apel Polres Batu Bara pada pukul 15.30 WIB. 

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh, di antaranya PJ Bupati Batu Bara H. Heri Awahyudi Marpaung, S.STP, M.AP., Danlanal Tanjung Balai Asahan Mayor Inf Widodo Dwi, serta beberapa perwakilan dari Danyon 126 KC dan PN Kisaran, bersama dengan unsur pimpinan Polres Batu Bara, Bhayangkari, ASN, dan seluruh personil Polres.

Rangkaian acara perayaan ulang tahun Kapolres meliputi apel yang diambil langsung oleh Kapolres, arahan dari pimpinan apel, doa, prosesi tiup lilin, potong kue, potong tumpeng, hingga senam bersama. 

Kegiatan diakhiri dengan berbagai lomba tradisional seperti tarik tambang, makan kerupuk, angok-angok, serta permainan Dam Batu Domino. Semua rangkaian kegiatan selesai pada pukul 21.00 WIB. 

Pantauan Media, Acara ini berjalan dengan lancar dan meriah, menandai komitmen seluruh pihak dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada damai di Kabupaten Batu Bara.

(wellas)

Share:

Polres Batu Bara Gelar Press Release Ungkap Kasus Narkoba di Bulan Agustus 2024

Kapolres Batu Bara Gelar Press Release Ungkap Kasus Narkoba di Bulan Agustus 2024



BATU BARA - Perisainusantara.com

Polres Batu Bara kembali menunjukkan komitmennya dalam memberantas peredaran narkoba dengan menggelar press release terkait pengungkapan sejumlah kasus narkoba sepanjang bulan Agustus 2024. 

Acara ini berlangsung pada Jumat, 30 Agustus 2024, pukul 14.00 WIB di halaman Mako Satnarkoba Polres Batu Bara.

Dalam keterangannya, Kapolres Batu Bara, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, S.H., S.I.K., menyampaikan bahwa pengungkapan kasus ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Polres Batu Bara dalam menekan angka peredaran narkotika di wilayah hukumnya.

Kasus Pertama

Pada tgl, 2 Agustus 2024, polisi menangkap tersangka Irwansyah alias Iwan Birng (53), seorang nelayan yang diduga memiliki narkotika jenis sabu seberat 0,76 gram. Penangkapan dilakukan di Jalan Merdeka, Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram.

Kasus Kedua

Pada 9 Agustus 2024, Muhammad Arya Pratama (23), seorang wiraswasta, ditangkap di sebuah kamar hotel di Batu Bara. Dari tangannya, polisi menyita narkotika jenis sabu seberat 0,15 gram yang disimpan dalam kotak rokok.

Kasus Ketiga

Hidayaturr Rahman (21), yang juga seorang wiraswasta, diamankan pada 25 Agustus 2024 di sebuah tempat karaoke di Desa Perjuangan, Balai. Polisi menemukan tiga butir pil ekstasi berbentuk tengkorak warna pink seberat 1,49 gram.

Kasus Keempat

Pada hari yang sama, Irwan (48), seorang wiraswasta, ditangkap dengan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 1.020,46 gram yang disembunyikan dalam plastik teh Cina berwarna kuning.

Kasus Kelima

Iswandi Wahab (52) ditangkap pada 27 Agustus 2024 dengan barang bukti berupa 21 bungkus ganja kering seberat 100 kilogram. Penangkapan dilakukan di pinggir jalan Desa SiParepare, Kecamatan Air Putih.

Kasus Keenam

Pada 28 Agustus 2024, Irfan Syaputra (22) dan Santoso (40) ditangkap di Desa Mangkai Lama, Kecamatan Lima Puluh, dengan barang bukti berupa sabu seberat 0,71 gram yang disembunyikan dalam beberapa plastik klip kecil.

Kapolres Batu Bara, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, menegaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya keras untuk memutus mata rantai peredaran narkotika di wilayah Batu Bara, serta menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan bekerja sama dalam menjaga lingkungan dari bahaya narkoba, pungkasnya Kapolres Batu Bara.

(wellas)


Share:

Kasi Humas Polres Batu Bara Gelar Cooling System untuk Pilkada Damai

Kasi Humas Polres Batu Bara Gelar Cooling System untuk Pilkada Damai



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Menjelang pelaksanaan Pilkada Damai serentak, Kapolres Batu Bara, AKBP Taufik Hidayat Tayeb, S.H., S.I.K., melalui Kasi Humas Polres Batu Bara, AKP AH Sagala, melaksanakan kegiatan cooling system di Desa Perkebunan Dolok Pop (PT LONSUM), Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, pada Jumat (30/8/2024).

Kegiatan ini diadakan untuk mendukung terciptanya suasana aman dan damai menjelang Pilkada serentak untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta Bupati dan Wakil Bupati Batu Bara. 

Selain AKP AH Sagala, kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Datuk Tanah Datar Efendi, ST., Camat Sei Balai Wala Wali Sagala, S.Pd., M.H., Ketua HKTI Kabupaten Batu Bara Rosbon Sitinjak, serta LSM Samuel Manurung, S.Pd.

Sambil menikmati kopi bersama, AKP AH Sagala mengajak masyarakat untuk bijak dalam menentukan pilihan dan tidak terpengaruh oleh berita hoax atau provokasi yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan, khususnya di Kabupaten Batu Bara. 

"Dengan menjaga kondusivitas, kita tidak hanya menciptakan suasana yang aman dan damai, tetapi juga turut berkontribusi dalam mencapai tujuan jangka panjang Kabupaten Batu Bara sebagai kota yang maju dan berkelanjutan," ujarnya.

Kasi Humas juga menjelaskan bahwa cooling system ini bertujuan untuk menciptakan iklim politik yang kondusif dan mendukung proses demokrasi di Kabupaten Batu Bara. 

"Tujuan dari kegiatan ini adalah menyatukan komitmen semua pihak dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada berlangsung," tegas AKP AH Sagala, pungkasnya sebagai penutup.

(wellas)

Share:

Kanit Binmas Polsek Labuhan Ruku Laksanakan Sholat Subuh Keliling dan Cooling System untuk Kondusifitas Pilkada

Kanit Binmas Polsek Labuhan Ruku Laksanakan Sholat Subuh Keliling dan Cooling System untuk Kondusifitas Pilkada



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Kanit Binmas Polsek Labuhan Ruku, IPTU Ahmad Fahmi, S.H., bersama Aipda Yusron, melaksanakan kegiatan Sholat Subuh Keliling di Masjid Ar Rahman, Kelurahan Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara, pada Jumat (30/8/2024) pukul 05.00 WIB. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya cooling system untuk mengantisipasi kejahatan jalanan, pemberantasan geng motor, serta kesiapan pengamanan menjelang Pilkada yang akan datang.

Dalam kegiatan ini, IPTU Ahmad Fahmi mengajak masyarakat untuk bekerja sama dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Batu Bara. 

Ia juga menekankan pentingnya menghindari berita hoax yang sering beredar menjelang Pilkada, serta tetap waspada terhadap paham-paham radikal yang dapat merusak persatuan dan kesatuan.

IPTU Ahmad Fahmi menyampaikan pesan kepada jamaah agar selalu bersikap proaktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. 

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak terpengaruh oleh paham-paham yang menyimpang dan dapat menyesatkan umat.

Kapolsek Labuhan Ruku, AKP Cecep Suhendra, mendukung penuh kegiatan ini sebagai langkah preventif dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat menjelang Pilkada, serta memastikan bahwa wilayah hukum Polsek Labuhan Ruku tetap aman dan kondusif.

(wellas)

Share:

Polsek Medang Deras Gelar Patroli Malam untuk Antisipasi Kejahatan dan Premanisme

Polsek Medang Deras Gelar Patroli Malam untuk Antisipasi Kejahatan dan Premanisme



BATU BARA — Perisainusantara.com 

Personel piket Satfung Polsek Medang Deras yang dipimpin oleh Kanit Samapta, Aipda TR Situmorang, melaksanakan Patroli Malam guna mengantisipasi berbagai tindak kejahatan di Wilkumnya. Kamis malam (29/8/2024) sekira pukul 22.00 WIB.

Kapolsek Medang Deras AKP Abdi Tansar, S.H , M.H menjelaskan bahw Patroli ini dilakukan dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat untuk meningkatkan keamanan di wilayah hukum Polsek Medang Deras.

Tim patroli terdiri dari Aipda TR Situmorang, Aiptu Riduan Rivai, dan Aipda Bustami, bersama personel lainnya, melakukan pengawasan di sejumlah lokasi rawan di Medang Deras. Mereka berfokus pada pencegahan aksi kejahatan seperti geng motor, begal, tawuran antar-remaja, dan premanisme.

Selama patroli, petugas juga melakukan "blue light patrol" dengan memberikan himbauan secara humanis kepada masyarakat. 

Mereka mengingatkan warga untuk selalu mengunci ganda kendaraan saat diparkir dan mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

Adapun lokasi patroli meliputi Jl. Panglima Muda Pagurawan, Jl. Jend. Ahmad Yani di Kelurahan Pangkalan Dodek, Dusun Beringin, dan beberapa tempat keramaian di wilayah hukum Polsek Medang Deras. 

Patroli berlangsung dengan aman dan lancar, serta mendapat respon positif dari masyarakat setempat. 

Kapolsek Medang Deras, AKP Abdi Tansar, S.H., M.H., menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya rutin untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Medang Deras, pungkasnya.

(wellas)

Share:

Kasdam Iskandar Muda Dampingi Pj. Gubernur Aceh Kunjungi Venue PON XXI di Lhoknga

Kasdam Iskandar Muda Dampingi Pj. Gubernur Aceh Kunjungi Venue PON XXI di Lhoknga



Banda Aceh — Perisainusantara.com 

Brigjen TNI Ayi Supriatna, S.I.P., M.M., Kasdam Iskandar Muda, mendampingi Pj. Gubernur Aceh, Dr. Drs. Safrizal ZA, M.Si., saat melakukan peninjauan dua lokasi yang akan menjadi venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Kunjungan ini berlangsung pada Kamis (29/8/24) di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

Dua lokasi yang dikunjungi adalah arena Surfing di Babah Kuala dan lapangan Woodball di Golf Lhoknga. Peninjauan ini merupakan bagian dari persiapan intensif yang dilakukan Pemerintah Aceh Besar untuk menyambut ajang olahraga terbesar di tanah air.

Dalam kunjungannya, Pj. Gubernur Aceh menekankan komitmen pemerintah daerah dalam memastikan kesiapan seluruh venue di Aceh Besar. "Kami berkomitmen untuk memastikan seluruh venue siap tepat waktu. Ini merupakan kebanggaan bagi kita semua, dan kami bertekad memberikan yang terbaik untuk PON XXI," kata Safrizal.

Sementara itu, Pj. Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, S.STP, MM., menjelaskan bahwa pihaknya terus bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan kesiapan fasilitas. "Kami selalu berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat untuk memastikan semua sarana penunjang siap digunakan pada PON XXI," ujar Iswanto.

Kunjungan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dari Forum Koordinasi Pimpinan Provinsi (Forkopimprov) Aceh, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh Besar, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Lhoknga, serta instansi terkait lainnya. Kehadiran mereka menunjukkan sinergi kuat antara pemerintah pusat, provinsi, dan daerah dalam mempersiapkan ajang olahraga nasional ini.

Share:

Daftar KPU Batubara, Pasangan Cabup Cawabup Bahar-Syafrizal (Bahagia) Diantar Ribuan Pendukungnya


Batubara, Perisainusantara.com

Lebih dari dua ribu pendukung serta 7 partai pengusung serta 2 partai pendukung dan ormas Gemkara, Bapera, IPK, dan Grip Jaya mengiringi Pasangan Calon (Paslon) Baharuddin Siagian dan Safrizal (Bahagia) mendaftar ke KPU Kabupaten Batu Bara, Kamis (29/8/2024).


Sebelum menuju KPU Batu Bara, pasangan ini bersama tim menggelar doa dan upah-upah di posko Bahagia di Perumahan Lima Puluh Indah Kelurahan Lima Puluh Kota Kecamatan Lima Puluh.


Di posko, Baharuddin Siagian dan Safrizal masing-masing didampingi istri dengan memakai tengkuluk khas Melayu Batu Bara diupah-upah secara adat Batak dan adat Melayu. Paslon ini diusung Partai Gerindra, Golkar, PKS, PAN, PKB, Perindo dan PPP, serta didukung PBB dan Partai Buruh.


Setiba di KPU Batu Bara, sekira pukul 13.50 WIB,  Paslon ini disuguhi tari persembahan dan diselempangkan songket Melayu Batu Bara oleh Ketua KPU Batu Bara Erwin didampingi komisioner lainnya.


Pada sambutannya usai nenyerahkan berkas pendaftaran, Calon Bupati Baharuddin Siagian didampingi Calon Wakil Bupati Safrizal berharap KPU Batu Bara melakukan pemeriksaan berkas mereka dan minta diberitahu apa yang kurang.


“Semoga dengan ikutnya kami dalam Pilkada ini, masyarakat Batu Bara bisa bahagia,” harap Baharuddin Siagian.


Ketua KPU Batu Bara Erwin menyambut baik kedatangan Paslon Baharuddin dan Safrizal untuk ikut konstestasi Pilkada Batu Bara 2024.

Segala berkas yang diterima akan kita periksa dengan teliti dan apabila masih ada berkas yang belum lenhkap akan kami komunikasikan dengan nara hubung Paslon Baharuddin – Safrizal.


Erwin mengajak Paslon dan partai pengusung serta pendukung untuk mengikuti tahapan Pilkada secara santun dan tertib.

“Ini demi menciptakan Pilkada yang aman, damai dan kondusif di Kabupaten Batu Bara,” terang Erwin.


Ditegaskan Erwin, pihaknya akan melaksanakan penelitian berkas sesuai mekanisme perundang-undangan dan regulasi yang ada. “Jadi tidak ada alasan bagi kami untuk mencoret Paslon bila memenuhi persyaratan yang telah ditentukan undang-undang,” tegas Erwin.

Kembali diingatkan Erwin, para Paslon yang lulus berkas akan mrngikuti pemeriksaan kesehatan lengkap di RS Haji Medan pada 30 Agustus hingga 2 September 2024.

“Kelak akan kami umumkan Paslon yang lolos untuk mengikuti perhelatan Pilkada melalui rapat pleno terbuka KPU Batu Bara pada 22 September 2024,” tutup Erwin.


Calon Bupati kelahiran Sei Balai Batu Bara yang diusung 7 partai pemilik kursi di DPRD Batu Bara dan didukung 2 partai merupakan Kadispora Pemprovsu.

Sementara pendampingnya Safrizal kelahiran Simpang Dolok Batu Bara adalah Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Batu Bara yang juga Wakil Ketua DPRD Batu Bara.***

Share:

SILATURAHMI KETUA DPC K.SPSI/F.SPTI BERSAMA CALON BUPATI Ir.H. ZAHIR, M.AP



Batu Bara - Sumut, Perisainusantara.com |Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) K.SPSI/F.SPTI Kabupaten Batu Bara Daniel Simanjuntak didampingi team mengadakan acara silaturahmi dan ramah tamah dengan calon Bupati Batu Bara Ir. H.Zahir, M.AP Kamis ( 29/08/2024 ), dikediaman Bapak Zahir di Desa Planggiran Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batu Bara.

Pada kesempatan ini Daniel Simanjuntak menyampaikan dukungannya kepada pasangan Zahir dan Aslam. Pembicaran berjalan dengan penuh kekeluargaan, "Bagaimana saya tidak mendukung pak Zahir, Bapak yang mendukung saya maju sebagai ketua Serikat Pekerja, ucap Daniel Simanjuntak diselingi dengan canda dan tawa.

Lebih lanjut Daniel Simanjuntak akan segera mengarahkan seluruh Pimpinan Unit Kerja (P.U.K)  yang berada dibawah kepemimpinannya dengan menyatakan sikap mendukung Zahir -   Aslam." Kita siap maju untuk memenangkan pasangan Zahir - Aslam, " tegas Ketua Daniel.

Calon Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, M.AP menyambut baik kedatangan Ketua DPC F.SPTI/K.SPSI Kabupaten Batu Bara bersama team dan berterima kasih atas dukungan dari Serikat Pekerja yang dipimpin Daniel Simanjuntak. Dengan kehadiran Serikat Pekerja dapat memberi warna dalam pemenangan Zahir - Aslam.Selanjutnya beliau menyampaikan agar kedepannya dengan kerja keras untuk memenangkan pasangan Zahir - Aslam,"Saya berharap dengan dukungan dari Ketua Daniel dapat menambah kekuatan massa dalam Pilkada 2024 untuk pasangan Zahir - Aslam, " ujar pak zahir.

Diakhir pertemuan silaturahmi,Bapak Zahir memberikan cendera mata sebagai bentuk rasa terima kasih atas kunjungan Ketua DPC K.SPSI/F.SPTI Kabupaten Batu Bara Daniel Simanjuntak sekaligus membangun Komitmen atas dukungan kepada Zahir dan Aslam.

Penulis : Syahril
Share:

Polres Batu Bara Dalam Pengamanan Proses Pendaftaran Calon Bupati Batu Bara di Kantor KPU

Polres Batu Bara Dalam Pengamanan Proses Pendaftaran Calon Bupati Batu Bara di Kantor KPU


BATU BARA - Perisainusantara.com 

Polres Batu Bara, di bawah komando Kapolres AKBP Taufik Hidayat Tayeb, S.H., S.I.K., melalui Kabag OPS, melaksanakan pengamanan ketat di Kantor KPU Kabupaten Batu Bara. Rabu, (28 Agustus 2024). 

Pengamanan ini dilakukan sehubungan dengan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Batu Bara yang berlangsung di kantor KPU tersebut.

Sekitar pukul 14.20 WIB, pasangan calon Bupati Ir. Zahir, MAP, dan calon Wakil Bupati, Aslan, S.H., tiba di Kantor KPU untuk mendaftarkan diri. Mereka disambut oleh jajaran Komisioner KPU dan dikawal oleh personel Polres Batu Bara yang dipimpin oleh Kompol Maritaken Surbakti, S.H. Pengamanan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses pendaftaran tanpa terkecuali.

Kabag OPS Polres Batu Bara menyatakan bahwa pengamanan dilakukan untuk semua pihak tanpa pengecualian, sebagai bagian dari tugas utama kepolisian dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Sejak pukul 10.00 WIB, Kabag Ops bersama personel Polres Batu Bara telah berada di lokasi untuk memastikan bahwa pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati berjalan aman dan tertib.

Dalam pengamanan tersebut, hadir juga sejumlah perwira tinggi Polres Batu Bara, serta personel dari Polsek dan Polres. Kabag OPS menegaskan bahwa pendekatan preventif dan preemptif menjadi prioritas utama dalam menjaga situasi tetap kondusif selama proses pendaftaran berlangsung.

(wellas)

Share:

Polsek Medang Deras Gelar Patroli Malam, Antisipasi Kejahatan dan Geng Motor

Polsek Medang Deras Gelar Patroli Malam, Antisipasi Kejahatan dan Geng Motor



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Personel Polsek Medang Deras yang dipimpin oleh Kanit Binmas Aiptu Pransantoso menggelar patroli malam untuk mencegah berbagai bentuk kejahatan di wilayah hukumnya. Rabu malam (28/08/2024)

Kegiatan ini dimulai sekitar pukul 22.00 WIB dengan menggunakan kendaraan roda empat, melibatkan beberapa anggota Polsek, termasuk Aiptu Riduan Rivai, Aipda Bustami, Aipda Walter H, Bripka SP Sitio, dan Brigadir Risky Fadillah.

Dalam patroli tersebut, tim menyusuri sejumlah lokasi rawan, seperti Jalan Panglima Muda Pagurawan, Jalan Jend. Ahmad Yani, Dusun Beringin, serta beberapa tempat keramaian lainnya. 

Selain fokus pada antisipasi tindak kejahatan seperti geng motor, begal, tawuran remaja, dan premanisme, petugas juga memberikan himbauan secara humanis kepada masyarakat. Masyarakat diminta untuk selalu mengunci ganda kendaraan mereka saat diparkir dan turut serta dalam menjaga keamanan lingkungan.

Patroli ini berjalan lancar tanpa adanya gangguan, dengan situasi kamtibmas yang tetap aman dan kondusif sepanjang kegiatan berlangsung. Kapolsek Medang Deras, AKP Abdi Tansar, S.H., M.H., mengapresiasi kerjasama seluruh personel dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman di wilayah tersebut, pungkasnya.

(wellas)

Share:

Kapolsek Indrapura Gelar Pertemuan Penyelesaian Isu Viral Begu Ganjang di Desa Limau Sundai

Kapolsek Indrapura Gelar Pertemuan Penyelesaian Isu Viral Begu Ganjang di Desa Limau Sundai



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Kapolsek Indrapura, AKP Reynold Silalahi, SH, mengadakan pertemuan penting untuk menyelesaikan isu viral di media sosial terkait dugaan praktik Begu Ganjang yang melibatkan dua warga Desa Limau Sundai, Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Rabu (28/08/2024) di Balai Desa Limau Sundai.

Pihak terkait yakni Bernike br Sirait (Op. Dion) dan Rebeca br Sihombing (Mak Dame). Pertemuan ini juga dihadiri oleh sejumlah aparat dan tokoh masyarakat, termasuk Kepala Desa Limau Sundai, Nursedlia Lestari Nababan, Babinsa, dan perwakilan dari Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru/Bere (PPTSB).

Dijelaskankan Kapolsek Indrspura AKP Reynold Silalahi, S.H ,kronologinya Pada tanggal 10 Agustus 2024, Bernike br Sirait menemukan sebuah bungkusan mencurigakan di warungnya, yang kemudian dibuka bersama beberapa kepala dusun. 

Bungkusan tersebut berisi paku, kain kasa, dan secarik kertas dengan tulisan dalam bahasa Batak, yang mencantumkan beberapa nama yang diduga menjadi korban dan target berikutnya. Dalam pembukaan bungkusan tersebut, Bernike menyebut nama Rebeca br Sihombing sebagai penulis kertas itu, yang memicu perdebatan dan viralnya isu ini di media sosial.

Menanggapi video viral di TikTok yang menyebutkan nama Rebeca br Sihombing sebagai pelaku, pihaknya merasa keberatan dan melaporkannya ke Bhabinkamtibmas setempat. 

Dalam upaya meredakan ketegangan, Kapolsek Indrapura beserta tim melakukan mediasi pada 16 Agustus 2024, namun belum menemukan solusi yang memuaskan kedua belah pihak.

Pertemuan lanjutan pada 28 Agustus 2024 di aula Balai Desa Limau Sundai menghasilkan beberapa kesepakatan, di mana Rebeca br Sihombing bersedia berdamai dengan syarat Bernike br Sirait membuat permintaan maaf secara terbuka kepada keluarga besar Sinaga dan masyarakat setempat. Meski Bernike setuju untuk membuat video permintaan maaf, pertemuan ini belum mencapai penyelesaian akhir karena beberapa pihak yang hadir saat pembukaan bungkusan tidak ikut serta.

Kapolsek Indrapura menyatakan bahwa proses perdamaian akan dilanjutkan dengan mengundang semua pihak yang terkait dalam isu viral ini, guna mencapai kesepakatan bersama demi menciptakan situasi yang kondusif di masyarakat, pungkasnya AKP Reynold Silalahi, S.H

(wellas)

Share:

9 Pimpinan Parpol Usung Bahar Rizal, Golkar Pimpin Deklarasi Calon Bupati Batu Bara

 


Batu Bara, Perisainusantara.com

Sembilan Pimpinan Partai Politik Pengusung  'Baharuddin Siagian - Syafrizal', Golkar Pimpin Deklarasi Calon Bupati dan Wakil Bupati di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Batu Bara tahun 2024, di Aula RM 100 Jalan Lintas Desa si Pare Pare, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara, pukul 20.00 Wib, Selasa (27/08/2024) malam.

Deklarasi tersebut, dipimpin Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Batu Bara, Ismar Komri menyampaikan sebagai komitmen dukungan dan membacakan ikrar kesepakatan deklarasi.

Deklarasi dihadiri semua Ketua dan unsur pengurus Partai Politik Pengusung, terdiri dari Ketua DPC PAN Chairul Bariah, Ketua DPC PKB Mutafa Kamal, Ketua DPC PPP Azrai Rangkuti, mewakili Ketua DPD PKS, Ketua DPD PBB Azhar Amri, Ketua DPD Perindo Tomet Simbolon, dan mewakili DPD Partai Buruh.

Dikatakan Khomri, bahwa Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Batu Bara Syafrizal yang juga merupakan Calon Wakil Bupati berpasangan dengan Baharuddin Siagian, dimana, Partai Koalisi Pengusung kedua pasangan yang terdiri dari unsur pengurus dan Kader masing - masing Partai Pengusung, ditambah beragam elemen masyarakat yang menyebut kelompok mereka sebagai Relawan Pemenangan "Bahagia Saza", telah bersepakat untuk mendaftarkan Pasangan tersebut, pada hari Kamis, tanggal 29 Agustus 2024 setelah sholat Zuhur.

Calon Bupati Batu Bara, Baharuddin Siagian didampingi Syafrizal mengatakan menaruh harapan agar seluruh Partai Politik yang tergabung dalam Koalisi Pengusung Pasangannya agar benar - benar bisa menjaga kekompakan.

Bahar menyebutkan bahwa terkait strategi pemenangan merupakan hal yang tidak bisa dibuka secara terbuka, sebab ada yang harus menjadi rahasia yang wajib dijaga agar tidak gampang dibaca oleh kompetitor lain sebagai rival dalam kompetisi Pilkada tahun 2924 ini.

"Saya berdinas sebagai Aparat Sipil Negara (ASN), sebetulnya sudah selesai. Tapi karena jabatan Eselon 2 maka berdasarkan peraturan baru, saya ini masih dpat ditambah masa tugasnya 2 tahun lagi. Namun saya lebih memilih untuk mundur dari ASN, hari ini memang belum, sebab baru diajukan dan saya pastikan sebelum tanggal 22 September 2024 nanti atau pada waktu penetapan, maka saya sudah bukan pegawai A$N lagi', ungkap Bahar.

Bahar juga menyampaikan maju sebagai Calon Bupati merupakan hak politik, dimana sudah 4 kali sebelumnya dia urung kan mencalonkan diri sebagai Calon Bupati di beberapa moment Pilkada yang lalu. 

Namun, pada Pilkada kali ini ia sudah membulatkan tekad untuk ikut dan harus menang, dengan tujuan ingin memimpin Kabupaten Batu Bara ke arah yang lebih maju lagi dimasa - masa mendatang dengan segala potensi yang dimiliki.

"Saya membayangkan, ketika saya jadi Bupati. Saya cuma berpikir tentang pintu TOL dari Mangke sebagai gerbang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke menuju Kawasan Eksklusif Pelabuhan Kuala Tanjung, banyak yang bisa dikembangkan,"kata Bahar.

Soal APBD dan pembangunan infastruktur, Kata Bahar, kita punya wakil di DPRD untuk duduk bersama menyelesaikan segala permasalahan, Kabupaten Batu Bara  menurutnya singkatan dari "Berkah Tuhan Bagi Rata, kita kerjakan bersama - sama dan semuanya harus bisa rata kebagian. Walau Batu Bara terdiri dari beragam suku yang wajib terus kita jaga bersama keharmonisan nya(Red)

Share:

Ribuan Pendukung Zahir- Aslam Ramaikan KPU Batu Bara

Ribuan Pendukung Zahir Antusias Ramaikan KPU Batu Bara

Batu Bara, Perisainusantara.com

Kehadiran calon bupati incumbent berpasangan dengan wakilnya Aslam Rahuda ini bersama Parpol dan massa pendukungnya diiringi dengan drumb band saat akan memasuki gedung KPU.

Zahir menyampaikan terima kasih kepada Komisioner KPU maupun Ketua Bawaslu Batubara M. Amin Lubis dan anggota Amin Rais Harahap yang hadir saat mendaftar sebagai pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Batubara pada Pilkada serentak 2024 yang dijadwalkan akan berlangsung pada 27 Nopember mendatang.


Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Zahir-Aslam Rahuda dalam Pilkada tahun ini diusung Parpol PDIP, Hanura, Ummat, Gelora.


Lanjut Zahir, tentunya KPU telah membuat pendaftaran calon melalui sistem Silon untuk memudahkan proses pendaftaran dan persyaratan sebagaimana ketentuan dan menunggu bila ada yang kurang lengkap, di masa perbaikan ini, pasangan calon beserta seluruh Parpol pengusung siap memperbaiki untuk kelengkapan syarat administrasi sebagaiman peraturan dan perundangan yang berlaku.



Zahir juga menyampaikan, mohon doa dukungan semua pihak agar proses Pilkada bisa terlaksana dengan baik sesuai harapan.


Ketua KPU Kabupaten Batubara Erwin S.Sos melakukan proses berkas pendaftaran calon pasangan Bupati/Wakil Bupati pada Pilkada 2024 sebagaimana peraturan berlaku yang dijadikan sebagai kerangka kerja KPU meliputi, UU No. 10 tahun 2016, PKPU No. 8 tahun 2024 dan No. 10 maupun Keputusan KPU No. 129.

“Ini semua jadi kerangka kerja kami memproses berkas pendaftaran pasangan calon KDH dalam Pilkada serentak 2024,” ujarnya.


Pendaftaran hari kedua pasangan calon KDH di KPU Batubara ini mendapat pengawalan dari aparat Polres Batubara.**

Share:

Kasat Resnarkoba Polres Batu Bara dan Tim Berhasil Bongkar Kasus Narkoba, Sita 1 Kg Shabu

Kasat Resnarkoba Polres Batu Bara dan Tim Berhasil Bongkar Kasus Narkoba, Sita 1 Kg Shabu



BATU BARA - Perisainusantara.com 

KaSatresnarkoba Polres Batu Bara AKP Fery Kusnadi, S.H , M.H dan anggota berhasil mengungkap kasus peredaran narkotika jenis shabu seberat 1 kg. Penangkapan tersebut terjadi di pinggir Jalinsum, Desa Perjuangan, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara. Pada Minggu petang, (25 Agustus), sekitar pukul 16.00 WIB, 

Laporan yang diterima oleh IPDA Harry P. Putra, S.H., didukung oleh saksi-saksi dari kepolisian, yaitu Aipda L. Tarigan, Bripka Indra Marbun, Briptu Khairul Nazmi, Briptu M.F. Matondang, S.H., dan Briptu A. Jefri Suriyarta, S.H.

Tersangka yang berhasil ditangkap bernama Irwan, seorang pria berusia (48 tahun) yang bekerja sebagai wiraswasta. Tersangka memiliki dua alamat, yaitu di Huta I Sahkuda Bayu, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, dan di Gang Kopertis, Kelurahan Indrapura, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara.

Barang bukti yang disita meliputi satu bungkus plastik kemasan teh Cina yang berisi shabu dengan berat 1.000 gram, satu tas sandang hitam, dua unit handphone (merk Nokia dan Oppo), sebuah dompet kulit hitam, sebuah sepeda motor Kawasaki KLX hitam-oranye tanpa plat nomor, serta uang tunai sebesar Rp147.000.

Pengungkapan ini bermula dari informasi yang diterima dari masyarakat mengenai aktivitas mencurigakan terkait kepemilikan dan penguasaan narkotika jenis shabu. 

Menindaklanjuti informasi tersebut, Kasat Resnarkoba AKP Fery Kusnadi, S.H., M.H., bersama enam anggota timnya segera melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap tersangka Irwan saat ia sedang mengendarai sepeda motornya di Jalinsum, Indrapura.

Dalam penggeledahan, ditemukan barang bukti shabu seberat 1 kg yang disembunyikan di dalam tas sandang hitam milik tersangka. 

Setelah diinterogasi, tersangka Irwan mengakui bahwa narkotika tersebut adalah miliknya dan rencananya akan diedarkan di wilayah Kabupaten Batu Bara.

Pihak kepolisian telah mengambil tindakan tegas dengan mengamankan tersangka, menyita barang bukti, dan melanjutkan penyelidikan untuk mengembangkan jaringan peredaran narkoba ini. 

Kasat Resnarkoba Polres Batu Bara, AKP Fery Kusnadi, S.H., M.H., menyatakan bahwa perkara ini akan segera ditindaklanjuti melalui pemeriksaan saksi-saksi dan pengembangan kasus lebih lanjut, pungkasnya.

(wellas)

Share:

Polsek Medang Deras Gelar Patroli Malam: Mencegah Kejahatan dan Gangguan Kamtibmas

Polsek Medang Deras Gelar Patroli Malam: Mencegah Kejahatan dan Gangguan Kamtibmas


BATU BARA - Perisainusantara.com 

Personel Polsek Medang Deras, dipimpin oleh Ps. KA SPKT AIPDA ERDI, melaksanakan patroli malam guna mengantisipasi berbagai tindak kejahatan, seperti geng motor, begal, tawuran remaja, serta premanisme di wilayah hukum Polsek Medang Deras. Selasa malam (27 Agustus 2024), mulai pukul 22.00 WIB 

Kapolsek Medang Deras AKP Abdi Tansar, S.H , M.H menjelaskan dalam kegiatan tersebut, personel yang terlibat antara lain AIPDA ERDI, AIPDA Bustami,  dan BRIPKA Eko Pramulya. 

Mereka melakukan patroli "Blue Light" di sejumlah titik rawan, termasuk di Jln. Panglima Muda, Kelurahan Pagurawan, serta di tempat-tempat keramaian lainnya.

Patroli ini tidak hanya fokus pada pencegahan kejahatan, tetapi juga melibatkan pendekatan humanis kepada masyarakat dengan memberikan imbauan untuk ikut menjaga Kamtibmas. 

Dan, mengunci ganda kendaraan saat diparkir dan mengajak masyarakat turut serta menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif.

Selama pelaksanaan patroli, situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Medang Deras terpantau aman dan terkendali.

Kapolsek Medang Deras, AKP Abdi Tansar, S.H., M.H., menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat, pungkasnya.

(wellas)


Share:

Pangdam Iskandar Muda Menerima Audensi Pengurus Yayasan Kartika Jaya Cabang XIV-I Iskandar Muda.

Pangdam Iskandar Muda Menerima Audensi Pengurus Yayasan Kartika Jaya Cabang XIV-I Iskandar Muda.



Banda Aceh – Perisainusantara.com 

Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M.Tr. (Han), didampingi oleh Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIV Iskandar Muda, Ny. Eva Niko Fahrizal, memimpin rapat koordinasi bersama Tim Perumus SMA Kartika XIV-I Banda Aceh dalam upaya transformasi sekolah tersebut menjadi sekolah kedinasan. Rapat ini dilaksanakan di Ruang Tamu Pangdam IM pada Selasa (27/08/24) sore.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antara Dinas Pendidikan Aceh dan Yayasan Kartika Jaya Cabang XIV Iskandar Muda, yang bertujuan untuk meng-upgrade SMA Kartika XIV-I menjadi sekolah yang berfokus pada pendidikan kedinasan.

Dalam rapat tersebut, Pangdam IM Mayjen TNI Niko Fahrizal menyambut baik kehadiran Ketua Tim Perumus SMA Kartika XIV-I Banda Aceh, Letkol Inf Krismanto, S.Pd., Kepala Sekolah SMA Kartika XIV-I, Darmawi Yusuf, S.H., M.H., beserta seluruh tim.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Tim Perumus dan Kepala Sekolah atas paparan dan diskusi yang telah dilakukan. Alhamdulillah, semua pembahasan sangat rapi, terstruktur, dan komprehensif. Saya berharap apa yang kita rencanakan ini dapat terealisasi dengan optimal," ujar Pangdam IM.

Dalam arahannya, Pangdam Iskandar Muda menekankan pentingnya menjadikan SMA Kartika XIV-I sebagai sekolah berkualitas yang menjadi pilihan utama masyarakat. Ia juga mengharapkan lulusan sekolah ini dapat berkontribusi lebih banyak dalam menjadi anggota TNI-Polri dan lembaga kedinasan lainnya.

Mayjen TNI Niko Fahrizal juga menegaskan pentingnya kedisiplinan dalam lingkungan sekolah serta kebutuhan akan guru dan tenaga pendidik yang berkualitas. Beliau mengingatkan bahwa SMA Kartika harus tetap menjadi sekolah swasta dengan biaya yang terjangkau, namun tetap menawarkan beasiswa bagi siswa yang berprestasi.

Di akhir arahannya, Pangdam IM menginstruksikan agar kegiatan belajar mengajar di SMA Kartika XIV-I mengikuti dan mempedomani Kurikulum Nasional, yaitu Kurikulum Merdeka, untuk memastikan bahwa pendidikan yang diberikan sesuai dengan standar nasional.

Dengan arahan ini, diharapkan SMA Kartika XIV-I Banda Aceh dapat terus meningkatkan kualitasnya dan melahirkan generasi muda yang siap bersaing di masa depan.

Ketua Tim Perumus, Letkol Inf Krismanto, S.Pd., dalam pemaparannya menjelaskan konsep rencana kerja tiga tahun sebagai langkah awal untuk mencapai target yang telah ditetapkan, menjadikan SMA Kartika XIV-I sebagai sekolah unggulan di bidang kedinasan.

"Target kami mencakup penyediaan fasilitas berasrama, rekrutmen tenaga pendidik berkualitas, pendanaan yang memadai, serta input siswa yang bermutu," jelas Letkol Inf Krismanto.

Ia juga menyampaikan bahwa langkah penanganan jangka pendek akan dimulai dari penyiapan dasar, pelaksanaan, hingga evaluasi program sekolah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Kartika XIV-I, Darmawi Yusuf, S.H., M.H., menyampaikan terima kasih kepada Pangdam IM dan Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIV Iskandar Muda atas kepercayaan yang diberikan kepadanya sebagai Kepala Sekolah sejak 5 Agustus 2024.

"Insya Allah, dengan pengalaman yang ada, kami siap memimpin SMA Kartika XIV-I menuju transformasi menjadi sekolah kedinasan," ungkap Darmawi Yusuf.

Beliau juga memaparkan beberapa poin penting terkait kesiapan sekolah dalam menjadi lembaga pendidikan yang Berbasis Talenta Persiapan Kedinasan, mencakup kesiapan tenaga pengajar, kurikulum, sarana dan prasarana, serta upaya peningkatan citra sekolah.

Kepala Sekolah SMA Kartika XIV-I juga menyoroti prestasi yang telah dicapai oleh sekolah, seperti meraih juara IV dalam Pawai Budaya HUT RI Ke-78, yang merupakan pencapaian pertama bagi sekolah.

"Ke depan, kami akan terus berpartisipasi dalam dua event besar, yaitu Lomba Opini Publik yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Aceh dan Mite Fest IV UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dengan mengirimkan siswa-siswi terbaik kami," tambahnya.

Darmawi Yusuf juga menekankan pentingnya meningkatkan berbagai aktivitas dalam proses belajar mengajar, termasuk kewajiban setiap siswa untuk mengaji di gampong masing-masing, baik di pesantren, meunasah, atau balee seumeubet, yang akan tercatat dalam kartu mengaji.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Irdam IM Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, M.A., Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIV Iskandar Muda Ny. Eva Niko Fahrizal didampingi Wakil Ketua, Ny. Zuriati Ayi Supriyatna, serta pengurus Yayasan Kartika Jaya Cabang XIV IM lainnya. Turut hadir Asintel Kasdam IM Kolonel Inf Ferdy De Irawan, S.H., M.Tr.(Han), Aspers Kasdam IM Kolonel Inf Nur Rohman Zein, S.E., M.M., dan Kapendam IM Kolonel Inf Drs. Alim Bahri.

Share:

Debt Collector Maybank Medan Rampas Kendaraan Nasabah di Jalan


Medan, Perisainusantara.com

com - Debt Collector dari perusahaan pembiayaan Maybank Finance Cabang Medan merampas kendaraan milik nasabah atau debitur di jalan di kota pematang Siantar, pada 20 agustus 2024.

Menurut korban dari ahli waris Debitur, Faisal Andika,  saat itu kendaraan mobil milik Almarhum orang tuanya itu sedang dibawa keluarga ke kota Pematang Siantar. 

Di Kota Pematang Siantar, pengendara didatangi segerombolan debt collector dan mengambil paksa kendaraan milik Almarhum orang tua Faisal tersebt. Terjadi cekcok berjam-jam, antara pengendara dengan debt collector, namun akhirnya pihak debt collector merampas kunci mobil dan membawa pergi kendaraan tersebut.

"Yah kami memang ada tunggakan 4 bulan, tapi kami berniat untuk melakukan pembayaran. Orang tua kami telah meninggal dan saya posisi sebagai ahli waris," kata Faisal kepada media, senin (26/08/2024).

Atas peristiwa perampasan oleh debt collector Maybank Finance itu, pihak ahli waris dari Istri Almarhum Debitur sudah berniat baik dan mendatangi pihak Maybank Finance untuk melakukan pembayaran tunggakan, akan tetapi belum mendapat respon yang baik dari pihak Maybank. Bahkan managemen Maybank sempat mengarahkan agar berurusan dengan pihak ketiga.

"Dua hari setelah perampasan, kamis lalu keluarga datang ke pihak Maybank. Disana kami disuruh menunggu sampai dua hari. Ini sudah hampir 4 hari jawababan mereka kami disuruh negosiasi dengan pihak ketiga dari debt Collector," ucapnya.

Pada selasa 27 agustus, ahli waris dari debitur kembali mendatangi pihak Maybank mempertanyakan unit kendaraan yang sebelumnya dirampas. Namun pihak Maybank dengan selembar surat meminta agar keluarga melunasi pembiayaan sebesar 109 juta rupiah.

"Keluarga datang ke kantor, malah disuruh melakukan pembayaran 109 juta. Darimana angka kok bisa segitu, hutang pokok tunggakan kami  kalau di total cuma 77 juta sekian, oke lah kalau pun ada denda sekitar 10 jutaan. Kan ini memeras, tiba-tiba bisa jadi ratusan juta dalam sekejab mata," ucap Faisal, usai mendapat kabar keluarganya dari Maybank, Selasa (27/08/2024).

Lantaran belum ada I'tikad baik dari pihak Maybank atas kejadian ini, pihak korban berencana akan melaporkan kasus perampasan milik almarhum orang tuanya itu ke Polda Sumatera Utara dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Medan.

"Kami mau melakukan pembayar tunggakan dan gak ada jawaban dari mereka, malah pihak Maybak bilang persoalan penarikan silahkan tanyak ke yang narik," ucap Faisal. **

Share:

Kapolsek Medang Deras Pimpin Patroli Malam Antisipasi Kejahatan dan Premanisme

Kapolsek Medang Deras Pimpin Patroli Malam Antisipasi Kejahatan dan Premanisme


BATU BARA - Perisainusantara.com 

Kapolsek Medang Deras, AKP Abdi Tansar, S.H., M.H., bersama personel Polsek Medang Deras melaksanakan Patroli Malam di wilayah hukumnya. Senin malam (26 Agustus 2024), mulai pukul 23.00 WIB.

Kegiatan patroli ini dilakukan dengan menggunakan kendaraan roda empat untuk mengantisipasi berbagai tindak kejahatan seperti geng motor, balap liar, begal, tawuran antar remaja, dan premanisme.

Tim patroli yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Medang Deras ini terdiri dari IPDA Ranto Marbun, S.H. (Kanit Reskrim), AIPTU Frans Santoso (Ps. Kanit Binmas), AIPTU Riduan Rivai (Kateam Opsnal), BRIPKA Agus Setiadi, serta personel lainnya dari Polsek Medang Deras.

Patroli ini juga disertai dengan himbauan kepada masyarakat. Para Personel memberikan pesan-pesan secara humanis, termasuk mengingatkan warga untuk selalu mengunci ganda kendaraan saat diparkir dan mengajak mereka untuk turut serta menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman.

Sasaran patroli meliputi beberapa titik rawan seperti Jalan Aceh Road Bank BRI Pajak Sore, Jalan Aceh Road Inalum Futsal Coffee di Desa Pakam Raya, Jembatan Kembar di Desa Durian, serta berbagai tempat keramaian lainnya di wilayah hukum Polsek Medang Deras.

Selama kegiatan berlangsung, situasi kamtibmas tetap terjaga dengan baik dan aman. Kapolsek Medang Deras, AKP Abdi Tansar, S.H., M.H., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya preventif dalam menjaga keamanan masyarakat di wilayahnya, tutupnya Kapolsek Medang Deras. 

(wellas)

Share:

Polsek Lima Puluh Gelar Sambang dan Cooling System Jelang Pilkada '24 di Batu Bara

Polsek Lima Puluh Gelar Sambang dan Cooling System Jelang Pilkada '24 di Batu Bara



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Personel Polsek Lima Puluh, Polres Batu Bara, melaksanakan kegiatan sambang dan cooling system untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di wilayah Kabupaten Batu Bara.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolsek Lima Puluh, AKP Tukkar L. Simamora, S.H., M.H., bersama tim yang terdiri dari IPDA Aidil Anwar, IPDA Yulfian Tarigan, IPDA J. Nainggolan, dan IPDA WB Ginting. 

Mereka melaksanakan kegiatan tersebut di Desa Cahaya Pardomuan, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, pada Selasa pagi ( 27 Agustus 2024 ),  pukul 08.00 WIB.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Lima Puluh memberikan sosialisasi terkait Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga. 

Ia mengimbau agar masyarakat tetap menjaga situasi yang aman dan kondusif, terutama menjelang Pilgub dan Pilbup di Kabupaten Batu Bara.

Kapolsek juga mengingatkan warga untuk lebih berhati-hati dalam menerima informasi dari media sosial, menghindari hoaks, serta tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan. 

Selain itu, ia juga mengajak warga untuk menjauhi narkoba dan perjudian, serta bekerja sama dalam menjaga keamanan di lingkungan mereka.

Kapolsek Lima Puluh menutup kegiatan tersebut dengan mengimbau masyarakat agar segera melaporkan jika menemukan gangguan kamtibmas ke Polsek Lima Puluh atau melalui Call Center Polri 110. Pungkasnya.

(wellas)

Share:

Kecelakaan Lalu Lintas: Kereta Api Tabrak Pejalan Kaki di Batu Bara

Kecelakaan Lalu Lintas: Kereta Api Tabrak Pejalan Kaki di Batu Bara



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Kembali terjadi kecelakaan di wilayah hukum Polres Batu Bara yang melibatkan Kereta Api Datuk Belambang BB 2037803 yang dikemudikan oleh Anggi Kurniawan, 30 tahun, yang melaju dari arah Kuala Tanjung menuju Tebing Tinggi.

Insiden terjadi di perlintasan kereta api di Dusun Lubuk Perigi, Desa Pakam, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara. Pada Senin, (26 Agustus 2024), sekitar pukul 13.15 WIB, 

Kereta api tersebut menabrak seorang pejalan kaki bernama Nazri, (38 tahun), yang bekerja sebagai wiraswasta dan berasal dari Dusun Berdikari, Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras. 

Nazri mengalami luka serius di bagian wajah, patah tulang di kaki dan tangan kiri, serta meninggal dunia di tempat kejadian. Jenazah korban kemudian dievakuasi ke Klinik Harun.

Kasat Lantas Polres Batu Bara IPTU Andi K. Barus, S.H., M.H., memberikan keterangan bahwa kecelakaan terjadi saat Nazri berjalan melintasi perlintasan kereta api dan tidak sempat menghindar dari kereta yang melaju.

Tidak ada luka yang dialami oleh masinis, namun kejadian ini menyebabkan satu orang meninggal dunia di tempat. Kasus ini ditangani oleh Polres Batu Bara untuk penyelidikan lebih lanjut.

(wellas)


Share:

Kejuaraan Motocross dan Grass Track Ditutup Pj. Bupati Heri Wahyudi

 

Batu Bara, Perisainusantara.com

Penjabat (Pj) Bupati  Batu Bara H. Heri Wahyudi Marpaung, S.STP, M.AP secara resmi menutup kejuaraan Motocross dan grass track yang memperebutkan Trophy Pj. Bupati Batu Bara dan Bobby Afif Nasution di Kecamatan Laut Tador, Minggu (25/08/2024).

Event motocross dan grass track tersebut digelar selama dua hari 24 – 25 Agustus 2024 yang berlangsung di Kawasan Wisata Danau Laut Tador.


Sebanyak 89 croser dari Jawa tengah, jogjakarta, lampung, Sumatera Utara dan terutama Kabupaten Batu Bara ikut memperebutkan Trophy Pj. Bupati Batu Bara dan Trophy Bobby Afif Nasution dengan total hadiah sembilan puluh delapan juta rupiah.


Dalam sambutannya Pj. Bupati Batu Bara mengatakan tujuan pemerintah disini adalah menjadikan momentum hari ini untuk mencari bibit-bibit olahraga di bidang otomotif, sehingga anak-anak di Kabupaten Batu Bara bisa menyalurkan bakat dan hobi nya di arena ini. (Red)

Share:

Jelang Pilkada 2024, Kasatbinmas Polres Batu Bara Gelar Sholat Subuh Berjamaah dan Sambang, Cegah Tawuran dan Narkoba

Jelang Pilkada 2024, Kasatbinmas Polres Batu Bara Gelar Sholat Subuh Berjamaah dan Sambang, Cegah Tawuran dan Narkoba 



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Kasatbinmas Polres Batu Bara, AKP Sudharmono, SH , melaksanakan kegiatan Sholat Subuh Berjamaah dan keliling pada Masjid-masjid di sekitar Batu Bara, 

Dan, sekaligus melakukan sambang dan cooling system di wilayah hukum Polres Batu Bara. 

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjaga situasi yang aman dan kondusif menjelang Pemilukada 2024 di Kabupaten Batu Bara.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 26 Agustus 2024, pukul 05.00 WIB di Musholla Al Musyawarah, Desa Simpang Gambus, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara. 

AKP Sudharmono, bersama masyarakat setempat melaksanakan Sholat Subuh berjamaah, diikuti dengan kegiatan sambang untuk mendekatkan diri dengan masyarakat serta memperkuat upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).

Selama kegiatan berlangsung, AKP Sudharmono juga menyampaikan himbauan kepada warga agar tidak terlibat dalam tindak kejahatan seperti tawuran, begal, atau penyalahgunaan narkoba yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. 

Beliau juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh berita-berita hoaks yang bisa mengganggu stabilitas keamanan, serta tetap menjaga situasi yang aman dan kondusif, khususnya di wilayah hukum Polres Batu Bara.

Demikian disampaikan oleh Kasatbinmas Polres Batu Bara, AKP Sudharmono, SH , sebagai penutupnya.

(wellas)

Share:

Pasca Putusan MK, KPU Batu Bara Turunkan Ambang Batas Suara Pilkada 2024

Pasca Putusan MK, KPU Batu Bara Turunkan Ambang Batas Suara Pilkada 2024



BATU BARA - Perisainusantara.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batu Bara telah menetapkan diturunkannya syarat minimal perolehan suara sah bagi partai politik dan gabungan partai politik yang akan bertarung dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Serentak 2024.

Keputusan ini didasarkan pada Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 60/PUU-XXII/2024 dan Pertimbangan Hukum Nomor 70/PUU-XXII/2024, yang disahkan pada 20 Agustus 2024, serta Surat Ketua KPU Nomor 1692/PL.02.2-SD/05/2024 tertanggal 23 Agustus 2024. 

Sebagai hasilnya, ambang batas perolehan suara sah yang sebelumnya ditetapkan sebesar 25% kini diturunkan menjadi 8,5%, menurut penjelasan Ketua KPU Batu Bara, Erwin, pada Senin (26/8/2024).

Erwin menjelaskan bahwa penurunan ambang batas tersebut telah ditetapkan melalui Keputusan KPU Kabupaten Batu Bara Nomor 885 Tahun 2024. 

Dalam keputusan tersebut, dinyatakan bahwa syarat minimal suara sah bagi partai politik atau gabungan partai politik yang berpartisipasi dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batu Bara pada Pilkada 2024 kini adalah sebesar 8,5% dari total suara sah pada Pemilu 2024 untuk Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batu Bara, yaitu sekitar 19.807 suara.

"Ambang batas ini turun dari 58.253 suara atau 25% menjadi 19.807 suara atau 8,5% dari total suara sah sebesar 233.012 suara," ungkap Erwin.

Bersamaan dengan penetapan ini, KPU Kabupaten Batu Bara juga mencabut Keputusan Nomor 870 Tahun 2024 yang sebelumnya mengatur syarat minimal perolehan kursi dan suara sah partai politik dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batu Bara pada Pilkada 2024.

"Keputusan Nomor 870 Tahun 2024 tersebut resmi dicabut dan dinyatakan tidak berlaku," tegas Erwin.

(yusri)

Share:

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polsek Medang Deras Laksanakan Patroli Malam

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polsek Medang Deras Laksanakan Patroli Malam



BATU BARA - Perisainusantara.com

Personel Polsek Medang Deras yang dipimpin oleh Ka SPK , AIPDA Walter Hutahaean, SH melaksanakan patroli malam di wilayah hukumnya. Minggu malam (25/08/2024)

Kapolsek Medang Deras AKP Abdi Tansar, S.H , M.H menjelaskan bahwa Personil Laksanakan Patroli Malam dengan menggunakan kendaraan roda empat, kegiatan patroli ini bertujuan untuk mengantisipasi kejahatan, aksi geng motor, begal, tawuran antar-remaja, serta aksi premanisme.

Para personil yang bertugas dalam giat tersebut yakni: AIPDA Walter Hutahaean, SH bersama dengan AIPDA Bustami, BRIPKA Agus Mahendra, BRIPKA SP Sitio, serta personel lainnya dari Polsek Medang Deras, 

Para petugas mengedepankan pendekatan humanis dalam memberikan himbauan kepada masyarakat. 

Mereka juga menyarankan agar warga memastikan keamanan kendaraan dengan mengunci ganda saat parkir, 

Serta mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

Rute patroli meliputi beberapa lokasi di Kecamatan Medang Deras, antara lain Jl. Panglima Muda Pagurawan, Jl. Jenderal Ahmad Yani, Dusun Beringin, serta beberapa tempat keramaian lainnya. 

Selama kegiatan berlangsung, situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Medang Deras terpantau aman dan terkendali, ungkap Kapolsek Medang Deras, AKP Abdi Tansar, SH., M.H.

(wellas)


Share:

Polsek Lima Puluh Pastikan Keamanan Terhadap Jemaat Gereja

Polsek Lima Puluh Pastikan Keamanan Terhadap Jemaat Gereja



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Polsek Lima Puluh memastikan situasi aman dan kondusif bagi jemaat yang melaksanakan ibadah dengan mengadakan pengamanan di sejumlah gereja di sekitar Kecamatan Lima Puluh, pada Minggu (25 Agustus 2024). 

Kapolres Batu Bara, AKBP Taufik Hidayat Tayeb, S.H., S.I.K., melalui Kapolsek Lima Puluh, AKP Tukkar L. Simamora, S.H., M.H., memimpin langsung upaya pengamanan tersebut.

Pada Minggu (25/08/2024) pukul 10.00 WIB, AKP Tukkar L. Simamora melakukan pengecekan terhadap personelnya yang tengah bertugas di beberapa gereja, termasuk Gereja HKBP, Gereja GKPI, dan Gereja Katolik yang berada di wilayah hukum Polsek Lima Puluh. 

Selain menjaga keamanan, personel juga memberikan imbauan kepada jemaat agar mengunci Ganda pada kendaraan roda dua mereka untuk memastikan keamanan selama beribadah.

Jemaat gereja menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Polres Batu Bara atas pengamanan yang dilakukan, sehingga mereka dapat menjalankan ibadah dengan tenang.

(wellas)


Share:

Kapolsek Medang Deras bersama Anggota Patroli Malam, Pastikan Kamtibmas Kondusif

Kapolsek Medang Deras bersama Anggota Patroli Malam, Pastikan Kamtibmas Kondusif



BATU BARA - Perisainusantara.com

Polsek Medang Deras melaksanakan Patroli Malam yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Medang Deras, AKP Abdi Tansar, S.H., M.H. Pada Sabtu malam (24 Agustus 2024), sekitar pukul 23.00 WIB hingga selesai, 

Kapolsek Medang Deras AKP Abdi Tansar, S.H , M.H menjelaskan bahwa Patroli tersebut bertujuan untuk mengantisipasi berbagai tindak kejahatan seperti geng motor, balap liar, begal, tawuran antar remaja, dan aksi premanisme di wilayah hukum Polsek Medang Deras. 

Dan, Patroli menggunakan kendaraan Dinas roda empat sebagai sarana operasional.

Personel yang terlibat dalam patroli malam ini antara lain: AKP Abdi Tansar, S.H., M.H. (Kapolsek Medang Deras) dan IPDA Ranto Marbun, S.H. (Kanit Reskrim) , AIPTU Riduan Rivai (Kateam Opsnal) , BRIPKA Eledon Manurung (Ps. Kanit Intelkam) , BRIPKA Agus Setiadi , BRIPKA Eko Pramulya (Bhabinkamtibmas) , Serta personel Polsek Medang Deras lainnya

Dalam pelaksanaannya, personel patroli Blue Light memberikan imbauan secara humanis kepada masyarakat, termasuk mengingatkan untuk selalu menggandakan kunci kendaraan saat diparkir serta mengajak warga untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Patroli kali ini menyasar beberapa lokasi, yaitu: Desa Pematang Cengkring, Kec. Medang Deras , Jalan Aces Road Inalum PT. MNA, Dusun Sono, Desa Lalang, Kec. Medang Deras dan tempat-tempat keramaian lainnya di wilayah hukum Polsek Medang Deras

Kapolsek Medang Deras, AKP Abdi Tansar, S.H., M.H., menyatakan sepanjang pelaksanaan kegiatan Patroli Malam ini berjalan dengan lancar dan situasi keamanan di wilayah tersebut tetap kondusif, sebutnya sebagai penutup.

(wellas)

Share:

Artikel

Labels

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (196) Pemerintahan (105) Pendidikan (138) politik (94) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive