-->

Kuala Tanjung Desa Terbaik Urutan Ke-2


Batu Bara, Perisainusantara.com

Desa Kuala Tanjung Di Kabupaten Batubara berhasil bawa pulang penghargaan sebagai desa terbaik di tingkat provinsi Sumatera Utara.

Penghargaan ini diperoleh Kuala Tanjung dari hasil perlombaan desa terbaik dibidang tertib administrasi dan inovasi yang digelar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, kependudukan dan catatan sipil.

Didalam SK 188.44/338/KPTS/2024 tentang Desa Dan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara,  diumumkan sebanyak 6 Desa terbaik dan 3 Kelurahan terbaik se Provinsi Sumatera Utara, dan Desa Kuala Tanjung mendapat peringkat ke-II.Pengumuman itu dibacakan saat perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 Di Depan kantor Gubernur Sumatera Utara Kota Medan, dan langsung diserahkan oleh PJ Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni, 17 Agustus 2024.

Menanggapi prestasi ini, Kepala Desa Kuala Tanjung mengatakan bahwa sebelumnya desa yang ia pimpin berhasil menang di tingkat Kabupaten Batubara, dan atas dasar itu, Kuala Tanjung secara otomatis mewakili Batubara di ajang perlombaan desa tingkat provinsi.Ist)

“Kita sudah melalui berbagai tahap seleksi, mulai dari administrasi, hingga tim evaluasi perkembangan desa dari Provinsi turun langsung melihat dan melakukan penilaian di desa kita, ya tim penilai nya itu ada berbagai macamlah, ada dari BNN Provinsi Sumut, ada dari Dinas PMD provinsi, BKKBN dan lainnya,”kata Ibnul Fandika SE, saat ditemui di lapangan UMKM Kuala Tanjung Inalum, Minggu (18/08).

Dikatakan Ibnul, yang mengikuti perlombaan ini ada dari 34 Kabupaten Kota di Sumut, yang mengutus desanya masing-masing, dan Desa Kuala tanjung mendapat juara II tingkat provinsi kategori tertib administrasi dan inovasi.

“Dan langsung piagamnya diberikan oleh Bapak PJ Gubernur Sumut, dan diterima oleh saya kepala Desa dan didampingi Bapak Zamzamy Elwadip Kadis PMD Batubara,”ucapnyaAtas nama desa Kuala tanjung, Ibnul juga mengapresiasi atas dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, “Prestasi ini juga ada peran serta perangkat Desa, TP PKK, BPD, LPM, Karang taruna, dan tak Lepas dari dari dukungan masyarakat, dan suport dari Industri BUMN seperti Inalum,”ujarnya

Kades Kuala tanjung juga mengucapkan terimakasih pada Camat Sei Suka, Dinas PMD Batubara, serta Pj Bupati batubara.

Dengan terpilihnya juara II terbaik provinsi mendorong pemerintah desa terus berbenah, dan lebih giat lagi mencapai segala prestasi desa.

Ibnul menambahkan, atas juara lomba provinsi ini maka perhatian Pemkab dan Pemprov pun  meningkat pada desa, “Dan desa kita pun bisa lebih diperhatikan, dan masyarakat merasakan manfaatlah,”jelasnya

Menurutnya, dengan prestasi ini, “Desa kita lebih maju, menuju desa mandiri, ya nanti akses bantuan itu lebih mudah masuk dan terus mengalir ke masyarakat,”paparnya

Seperti halnya kata Ibnul, bahwa di Tahun 2025,  Desa kuala tanjung pun terpilih mendapat bantuan dibidang ketahanan pangan.

“Kita dapat bantuan pembukaan lahan sawah dari kemenhan sebanyak 60 Ha, dan itu tak lepas dari bantuan Pemkab, dan Pemerintah provinsi dalam membantu mengajukan bantuan ke pusat hingga bisa  didapatkan oleh desa Kuala tanjung,”pungkasnya.

Disamping itu, Pemerintah desa Kuala Tanjungpun telah merencanakan bahwa ditahun 2026  desa Kuala tanjung punya swasembada beras guna membantu masyarakat desa.

“Jadi masyarakat dapat membeli beras melalui Bumdes dengan harga beli yang relatif murah, Itu khusus untuk masyarakat yang berKTP dan berdomisili  di Kuala tanjung,”tandasnya.

Red.

Share:

No comments:

Post a Comment

Artikel

Labels

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (198) Pemerintahan (105) Pendidikan (138) politik (94) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Blog Archive