-->

Pimpin KPPMPI Batubara, Arwan : Anak Nelayan Wajib Kuat Di Laut Yang Kaya

Batuabara, Perisainusantara.com

Konferensi daerah (Konferda) Ke-1 Dewan Pimpinan Daerah Kesatuan Pelajar Pemuda Dan Mahasiswa Pesisir Indonesia (DPD KPPMPI)  Kabupaten Batubara berjalan dengan baik.

Konferda ini dihadiri lagsung oleh Hendra Wiguna Ketua DPP KPPMPI, dan dibuka oleh ketua KNTI Batubara, Amirtan yang juga anggota DPRD Kabupaten Batubara.

Dalam proses konferda yang dilakukan secara musyawarah ini, forum menyepakati untuk memilih Arwan Syahputra sebagai ketua umum KPPMPI Batubara.

Pemuda yang merupakan anak nelayan ini, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan forum musyawarah atas memilihnya untuk memimpin DPD KPPMPI Batubara 2024-2029.

"Tadi Bang Hendra dari DPP KPPMPI sudah memaparkan dibadapan kita bahwa banyak peluang anak nelayan untuk mendapat kesejahteraan, apalagi ada rekom juga yang telah dikeluarkan oleh DPP KNTI tentang peluang program kuliah anak nelayan, dan program baik ini tentu memupuk semangat kita semua dalam berpendidikan,"kata Arwan Syahputra pada awak media, (21/09).

Saat ini kata Arwan negara dan daerah juga harus menggaransi kualitas hidup nelayan, anak nelayan dan keluarga nelayan. "Mulai dari menjamin zona tangkap yang bebas dari limbah industri, penjualan hasil tangkap nelayan, dan membantu pemodalan nelayan melalui koperasi nelayan maupun  UMKM"tambahnya

Arwan menambahkan, banyak faktor yang mengakibatkan ekonomi nelayan yang lemah seperti kendala keterbatasan modal, terbatasnya daya serap industri pengelolaan ikan, dan bahkan zona tangkap yang terganggu oleh area industri namun tidak diberkan kompensasi yang jelas.

"Maka daerah ini adalah daerah yang kaya, jadi kita wajib kuat di laut yang kaya. Laut adalah jalan kesejahteraan kita. Dan yang harus menjadi catatan kita bersama anak nelayan harus menjadi prioritas pemerintah daerah dan para industri,"ujarnya

Sebelumnya, Amirtan selaku Ketua DPD Kesatuan Nelayan Tradisonal Indonesia (KNTI) Kabupaten Batubara mengungkapkan bahwa berdasarkan survey KNTI, ada sebanyak 20.000 nelayan di Batubara dan sekitar 1200 orang telah anggota KNTI Batubara.

Amritan yang juga Anggota DPRD Batubara dari dapil Medang deras ini juga berharap keluarga nelayan terjamin pendidikannya.

"Bagaimana anak nelayan terjamin tidak putus sekolah, minimal tamat SMA,"pungkasnya saat membuka kegiatan.

Ia juga melanjutkan, bahwa selama ini banyak yang telah dibuat oleh KNTI pada nelayan, mulai dari kartu Kusuka dan identitas nelayan lainnya.

Sementara itu, Ketua DPP KPPMPI memaparkan bahwa ada beasiswa nelayan yang telah dilaksanakan oleh DPP KPPMPI dan KNTI. Namun sebagai penekanan bahwa nelayan harus berani menunjukkan identitasnya.

"Jadi di KTP itu pekerjaaannya adalah nelayan jangan wiraswasta, jadi anak-anak nelayan bisa terbantu dengan program yang telah ada ini,"sebut Hendra Wiguna.

Dalam acara ini Hendra juga menbagikan buku refrensi untuk KPPMPI berupa Rembuk Pemuda Pesisir. Red.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel

Label

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (218) Pemerintahan (107) Pendidikan (140) politik (106) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Arsip Blog

Kesaktian Pancasila