-->

Ketua KPU Batu Bara Kecewa, Sejumlah Wartawan Publikasikan Berita Tanpa Konfirmasi

Ketua KPU Batu Bara Kecewa, Sejumlah  Wartawan Publikasikan Berita Tanpa Konfirmasi



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batu Bara, Erwin S.Sos, menyampaikan kekecewaannya terhadap sejumlah wartawan yang dinilai tidak melakukan konfirmasi sebelum mempublikasikan berita. 

Dalam pernyataannya, Erwin menyoroti adanya perbedaan informasi antara apa yang disampaikan oleh KPU dan apa yang muncul di media. 

"Aneh sekali, kita beri jawaban satu hal, tapi yang ditulis berbeda," ungkapnya Erwin saat berbicara kepada wartawan pada Kamis malam (17/10/2024).

Erwin, yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris PWI Kabupaten Batu Bara, mengingatkan pentingnya wartawan mematuhi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, 

Serta menjalankan prinsip verifikasi sebelum menyebarkan informasi. Ia mengkritik praktik copy-paste informasi tanpa pengecekan yang kerap menghasilkan berita yang tidak akurat dan melanggar etika jurnalistik.

"Kami di KPU tidak pernah takut pada media. Peran media sangat penting sebagai pengawas publik, tapi sebaiknya sebelum berita dipublikasikan, pastikan terlebih dahulu konfirmasi dari sumbernya. Jangan asal main terbit saja," jelas Erwin.

Menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Erwin juga berharap agar semua Tim Sukses menjaga suasana kondusif dan bersikap rasional demi kelancaran proses demokrasi di Kabupaten Batu Bara. 

Menurutnya, isu yang kecil bisa dengan mudah dipelintir oleh berbagai pihak. Ia mengklarifikasi bahwa KPU Batu Bara hanya meminta Paslon 02 untuk melengkapi berkas yang belum diserahkan, khususnya surat pemberhentian dari instansi terkait.

"Namun di beberapa media, berita yang muncul seolah-olah KPU memberikan ultimatum, padahal kami hanya menjalankan tahapan sesuai aturan, Pencalonan Pak Bahar dan Pak Safrizal telah sesuai dengan PKPU Nomor 8 Tahun 2024. 

Jadi, teman-teman media tolong berhati-hati, jangan asal copy-paste, karena jika ada yang salah, beritanya akan salah semua," pungkasnya Erwin sebagai penutup.

(yusri)


Share:

DPRD Batu Bara Setujui Rapat Ranperda Terkait Peningkatan Kualitas Pemukiman

DPRD Batu Bara Setujui Rapat Ranperda Terkait Peningkatan Kualitas Pemukiman



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Penjabat Bupati Batu Bara, Heri Wahyudi Marpaung, menghadiri Rapat Paripurna yang digelar di ruang rapat DPRD Batu Bara, Lima Puluh. Rabu (16/10/2024). 

Dalam rapat tersebut, sebanyak 11 anggota DPRD Batu Bara menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terkait Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh serta Permukiman Kumuh.

Menurut rilis yang dikeluarkan oleh Humas DPRD Batu Bara, keputusan ini diambil setelah seluruh fraksi DPRD Kabupaten Batu Bara menerima laporan akhir Panitia Khusus I dan III. 

Ranperda ini diharapkan menjadi dasar hukum yang kuat bagi pemerintah daerah untuk menangani permasalahan permukiman kumuh, yang dianggap sebagai salah satu isu sosial paling mendesak di Batu Bara.

Dalam sambutannya, Heri Wahyudi Marpaung menyampaikan apresiasinya kepada DPRD atas persetujuan Ranperda tersebut. 

Ia menekankan bahwa regulasi ini akan memberikan landasan hukum yang kokoh bagi pemerintah daerah untuk melakukan upaya pencegahan dan peningkatan infrastruktur di kawasan kumuh, sejalan dengan standar nasional.

Dengan disahkannya Ranperda ini, kita memiliki kekuatan hukum untuk secara efektif menangani dan meningkatkan kualitas permukiman kumuh di Kabupaten Batu Bara, ungkapnya Heri Wahyudi. 

Ia juga menegaskan bahwa perbaikan kondisi perumahan dan permukiman kumuh merupakan langkah penting untuk menciptakan hunian yang lebih layak dan aman bagi masyarakat.

Heri Wahyudi menambahkan bahwa masalah permukiman kumuh perlu penanganan serius agar masyarakat dapat menikmati lingkungan yang sehat dan nyaman. 

Pemerintah daerah kini memiliki kesempatan untuk bertindak lebih efektif dalam memperbaiki kondisi lingkungan yang kurang layak, pungkasnya sebagai penutup.



Share:

Seekor Buaya Ditemukan Warga di Sungai Dalu - Dalu Batu Bara.

Seekor Buaya Ditemukan Warga di Sungai Dalu - Dalu Batu Bara.



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Warga Dusun VII, Desa Aras, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara, menemukan seekor buaya di parit pembuangan aliran Sungai Dalu-Dalu. Kamis, (17 Oktober 2024), sekitar pukul 17.30 WIB, 

Buaya tersebut pertama kali dilihat oleh Sugiantoro alias Nanag (55), seorang warga setempat yang tengah menjaga kebun sawit dan hendak menangkap ikan. 

Bersama rekannya, Edo (27), mereka spontan menangkap dan mengamankan buaya itu sebelum membawanya ke pemukiman warga terdekat. 

Penemuan tersebut segera dilaporkan kepada kepala desa dan diteruskan ke Polsek Indrapura.

Kapolsek Indrapura, AKP Reynold Silalahi, S.H., bersama Kanit Tipidter, IPDA Doni, S.H., M.H., serta sejumlah personil Polsek Indrapura, langsung mendatangi lokasi kejadian untuk memeriksa kondisi dan memastikan keamanan warga. 

Mereka juga menghimbau masyarakat agar tidak mendekati buaya yang telah diikat demi menghindari bahaya.

Setelah berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan dan BPBD Batu Bara, pihak kepolisian mengambil langkah-langkah pengamanan lebih lanjut untuk menangani satwa liar tersebut. 

Buaya yang ditemukan ini menjadi perhatian karena ditemukan di dekat pemukiman warga, dan petugas memastikan bahwa langkah-langkah keselamatan telah diterapkan.

Hal ini telah di buat laporan lengkap kepada Kapolres Batu Bara serta memberikan tembusan kepada beberapa pejabat kepolisian terkait di wilayah tersebut, pungkasnya Kapolsek Indrapura AKP Reynold Silalahi, S.H.

(wellas)


Share:

Ribuan Pendukung dari Pro-Gib Siap Menangkan Paslon Bupati Darwis-Oky

Ribuan Pendukung dari Pro-Gib Siap Menangkan Paslon Bupati Darwis-Oky


BATU BARA - Perisainusantara.com 

Ribuan pendukung dari komunitas Pro Garda Indonesia Bersatu Prabowo-Gibran (Pro GIB) menyatakan siap memenangkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, H. Darwis-Oky, dalam Pilkada Batu Bara yang akan digelar pada 27 November 2024. 

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Pro GIB Batu Bara, Fredy Nababan, yang didampingi oleh Sekretaris Esman Sinurat dan Bendahara Aura Miami Nababan, saat menyerahkan surat dukungan kepada H. Darwis di Posko Pemenangan di Lima Puluh, Kamis (17/10/2024).

Fredy menekankan bahwa Pro GIB yang tersebar di 8 kecamatan di Batu Bara, dengan jumlah anggota mencapai ribuan, mendukung Darwis-Oky karena memiliki kesamaan visi dalam menciptakan Batu Bara yang amanah dan sejahtera. 

"Pak Darwis adalah sosok asli putra daerah yang memiliki jiwa nasionalis, mampu merangkul semua golongan suku dan agama di Batu Bara," ujarnya Fredy.

Calon Bupati H. Darwis mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pro GIB. Dukungan tersebut dianggap sebagai dorongan kuat untuk memenangkan Pilkada Batu Bara 2024. 

Darwis pun mengajak Pro GIB untuk bersama-sama berkolaborasi dengan tim pemenangannya yang sudah tersebar hingga ke desa dan dusun, pungkasnya Darwis mengakhiri.

(wellas)




Share:

Aliansi Pekerja Buruh Geruduk Kantor DPRD Sumut Dan Kantor PT. PGN di Medan

Medan-Sumut, Perisainusantara.com |Ratusan Massa aksi dari Aliansi Pekerja Buruh Sumatera Utara melakukan unjuk rasa di Kantor DPRD Sumut, terkait pasokan gas industri yang dinilai kerap bermasalah.

Koordinator Aksi, Bambang Hermanto mengatakan, selama tahun 2024 sudah terjadi belasan masalah terkait gas industri. Menurutnya, hal tersebut berdampak kepada pelaku usaha dan buruh.

“Kami hari ini perwakilan pelaku usaha dan pengguna gas industri, bahwa hari ini kami ke DPRD menyampaikan aspirasi terkait tahun 2024, sudah 15 kali itu terjadi gangguan gas,” ucapnya, Kamis (17/10/24) .

Bambang menjelaskan, hal tersebut juga berdampak kepada jalannya produksi dari perusahaan dan juga berdampak pada ekonomi masyarakat terutama buruh atau pekerja.

“Akibatnya pasokan gas tidak bisa masuk ke perusahaan, pekerja dan karyawan harus dirumahkan tidak bisa bekerja. Ini sudah tidak wajar dan bila terus dibiarkan akan menggangu ekonomi dan juga buruh,” ucapnya .

Dirinya berharap agar DPRD Sumut bisa menyampaikan aspirasi mereka ke Pemerintah Pusat dan juga Pemerintah Provinsi. “Kami juga berharap DPRD Sumut bisa ikut memperjuangkan aspirasi kami ke pusat. Selain ke DPRD, kami juga akan kekantor.PT. PGN dan ke kantor Gubernur nanti, karena Gubernur juga bisa menyampaikan ke pusat,” ucapnya.

Bambang menyesalkan pihak Perusahaan Gas Negara (PT. PGN) yang selama ini dianggap berlaku kurang adil kepada para pelaku usaha dan buruh.

“Kalau dari PGN hari ini mereka hanya bilang sebagai distributor dan penyalur dan sebagainya, tapi kalau cerita keuntungan mereka tidak bilang seperti itu. Kalau untuk sama mereka kalau rugi sama kami itu tidak adil,” tegasnya.

Perwakilan DPRD Sumut, Muhammad Ziad Ananta yang hadir menemui massa aksi memberikan pendapatnya terhadap aspirasi mereka.

“Akan kami sampaikan aspirasi bapak-bapak sekalian, dan saya juga mau mastikan kalau nanti kami lakukan RDP dengan PT. PGN ini bapak-bapak harus siap ya,” ujar Ananta.

Politisi Partai Golkar tersebut juga mengatakan setelah DPRD Sumut menetapkan komisi, maka akan dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan PT PGN, pelaku usaha dan buruh.

“Setelah komisi nanti terbentuk saya mewakili DPRD Sumut akan memanggil perwakilan PT. PGN dan unsur perwakilan buruh dan pelaku usaha, di situlah bapak-bapak sampaikan nanti. Kalau perlu kita bawa ke pusat kita akan bawa ke pusat tidak masalah,” ucapnya.

Di akhir aksi, massa menyerahkan aspirasi tertulis kepada Ananta. “Saya terima aspirasi bapak-bapak sekalian. Saya juga dulu aktivis, teman-teman saya banyak di sini, saya kira itu yang bisa kami sampaikan, terima kasih,” ucapnya. 

Penulis: Syahyunan


Share:

Kapolres Batu Bara Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana '24

Kapolres Batu Bara Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana '24



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Kapolres Batu Bara, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, S.H., S.I.K., memimpin apel kesiapsiagaan penanganan bencana tahun 2024, di Lapangan Apel Polres Batu Bara pada Kamis (17/10/2024). 

Apel ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Pj Bupati Batu Bara H. Heri Wahyudi Marpaung, S.STP, M.AP., perwakilan dari Dandim 0208/Asahan, Danramil Kapten Inf. K Surbakti, Danyonif 126/KC Mayor Inf. M. Yahya Ginting, Wakapolres Batu Bara, PJU Polres Batu Bara, serta Kapolsek jajaran dan personel Polres Batu Bara.

Dalam amanatnya, Kapolres Batu Bara mengingatkan bahwa perubahan cuaca yang ekstrem, seperti hujan lebat dan angin kencang, dapat menyebabkan bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan gempa bumi. 

Perubahan iklim ini menjadi perhatian utama bagi masyarakat, terutama di wilayah Kabupaten Batu Bara, yang rentan terdampak.

Kapolres menegaskan pentingnya kesiapsiagaan dan meminta para Kasatker serta Kapolsek di jajaran Polres Batu Bara untuk melakukan pemetaan terhadap daerah rawan bencana. 

Selain itu, ia menekankan pentingnya koordinasi yang baik antara instansi terkait dan seluruh elemen masyarakat. "Sinergi yang kuat antara semua pihak diperlukan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban yang berkelanjutan di tengah masyarakat," ujar Kapolres.

Apel ini merupakan upaya Polres Batu Bara dalam meningkatkan kesiapan menghadapi bencana alam. 

Diharapkan seluruh personel Polres Batu Bara, bersama instansi terkait, dapat bekerja sama secara maksimal dalam penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Batu Bara.

(wellas)


Share:

Kapolres Batu Bara Terima Audiensi dari IWO Batu Bara.

Kapolres Batu Bara Terima Audiensi dari  IWO Batu Bara.



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Kapolres Batu Bara, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, S.H., S.I.K., bersama Kasat Intelkam Polres Batu Bara, AKP Rubenta Tarigan, S.H., dan Kasie Humas Polres Batu Bara, AKP AH Sagala, S.H., menerima audiensi dari Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Batu Bara pada Kamis (17/10/2024) di ruang kerjanya.



Kapolres dengan hangat menyambut kehadiran Ketua IWO Batu Bara, Darmansyah, beserta jajaran pengurus yang hadir, antara lain Sekretaris Subari, Bendahara Supriadi, serta anggota Bimais Pasaribu dan Welas Harmono.

Darmansyah menyampaikan apresiasi atas sambutan ramah dari Kapolres dan jajaran. Ia menjelaskan bahwa tujuan kedatangan IWO Batu Bara adalah untuk melaporkan rencana kegiatan pelantikan pengurus PD IWO yang akan digelar dalam waktu dekat, sekaligus mengundang Kapolres untuk menghadiri acara tersebut.

Organisasi Ikatan Wartawan Online (IWO) resmi berdiri di Kabupaten Batu Bara sejak 20 September 2024, ungkapnya Darmansyah. 

Kehadiran IWO sejalan dengan perkembangan media online yang pesat. "Kami memiliki program untuk meningkatkan kualitas wartawan online di Kabupaten Batu Bara, dan berharap IWO dapat bekerja sama dengan pemerintah, serta pihak sipil dan militer demi kemajuan daerah," jelas Darmansyah.

Sementara, Kapolres Batu Bara, AKBP Taufiq Hidayat Tayeb, turut memberikan harapan agar IWO mampu menyebarkan informasi yang akurat dan mencegah penyebaran berita hoaks di wilayah Batu Bara. 

Menanggapi undangan tersebut, Kapolres Batu Bara menyatakan kesediaannya untuk turut hadir dalam acara pelantikan dan memberikan dukungannya kepada IWO Batu Bara. 

Kehangatan dalam pertemuan ini,  mencerminkan sinergi yang baik antara Polres Batu Bara dan awak media dalam membangun komunikasi yang positif demi kemajuan informasi publik di Kabupaten Batu Bara.

(wellas)


Share:

Bawaslu Batu Bara Luncurkan Pemetaan Kerawanan Pilkada '24

Bawaslu Batu Bara Luncurkan Pemetaan Kerawanan Pilkada '24



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Badan Pengawas Pemilihan Umum  (Bawaslu) Kabupaten Batu Bara secara resmi meluncurkan Pemetaan Kerawanan Pemilihan dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serta Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2024 di aula Singapura Land pada Rabu (16/10/2024). 

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Pj Bupati Batu Bara, Heri Wahyudi Marpaung, Asisten 1, serta perwakilan Kapolres Batu Bara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, Kasat Reskrim, dan Kanit Ekonomi Rener Tambunan. 

Hadir pula para Camat se-Kabupaten Batu Bara, organisasi masyarakat, lembaga, dan Panwascam dari seluruh kecamatan di wilayah tersebut.

Ketua Bawaslu Batu Bara, Amin Lubis, menegaskan bahwa pemetaan ini bertujuan untuk mengawasi jalannya Pilkada serentak 2024, sekaligus meminimalisasi potensi risiko, yang mungkin muncul selama proses pemilihan berlangsung. 

“Panwascam harus selektif dalam melakukan pengawasan. Kami telah memantau KPU yang merekrut 798 anggota KPPS,” ungkapnya Amin.

Amin juga menyoroti pentingnya netralitas ASN dalam pemilu, hasil dari koordinasi yang dilakukan dengan pemerintah daerah. 

Ia juga menekankan potensi kerawanan pada tahap kampanye, terutama terkait pelanggaran alat peraga kampanye (APK). 

Bawaslu Batu Bara akan berkolaborasi dengan Satpol PP untuk menertibkan APK yang tidak sesuai aturan.

Lebih lanjut, Amin mengungkapkan kekhawatirannya mengenai distribusi logistik pemilu yang belum optimal. 

Ia menyatakan bahwa, waktu pemilihan tinggal 42 hari lagi dan APK pasangan calon belum diterima serta surat suara pun belum tiba di Kabupaten Batu Bara, ini juga dapat memicu risiko penundaan pemilu.

Amin mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengawasi Pilkada agar berlangsung jujur, adil, dan bebas dari kecurangan, pungkasnya Amin mengakhiri.

(wellas)


Share:

Kapolres Batu Bara Beri Penghargaan dan Motivasi ke Dimas Ardiansyah Terpilih Jadi Duta Pelajar Anti Narkoba Sumut

Kapolres Batu Bara Beri Penghargaan dan Motivasi ke Dimas Ardiansyah Terpilih Jadi Duta Pelajar Anti Narkoba Sumut



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Kapolres Batu Bara, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, S.H., S.I.K., memberikan penghargaan dan dorongan semangat kepada Dimas Ardiansyah, siswa kelas XII IPS 2 di MAN Batu Bara, yang terpilih sebagai Duta Pelajar Anti Narkoba Sumatera Utara. 

Pertemuan tersebut berlangsung di ruang kerja Kapolres pada Rabu (16/10/2024), dihadiri juga oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, M. Asrul Toni Marpaung.

Kapolres Batu Bara mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian Dimas, yang tetap berprestasi meski menghadapi keterbatasan fisik akibat kecelakaan lalu lintas. 

"Dimas menunjukkan semangat dan ketangguhan luar biasa. Keterpilihannya sebagai Duta Pelajar Anti Narkoba Sumut adalah bukti dedikasinya meski harus berjuang dengan kondisi fisik yang tidak mudah," ujar AKBP Taufiq Hidayat Thayeb.

Kapolres juga berharap pengalaman Dimas sebagai grandfinalis Duta Pelajar akan menjadi inspirasi bagi banyak orang. 

Ia mengajak Dimas untuk terlibat dalam program Polres Batu Bara seperti cooling system dan Police Go to School, guna menyebarkan pesan bahaya narkoba di kalangan pelajar.

Dimas, yang hadir bersama M. Asrul Toni Marpaung, menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Kapolres, dan Dimas juga menerima bantuan tali asih sebagai penghargaan atas prestasinya. 

Kami dari pihak sekolah, bersama Dimas, siap mendukung Polres Batu Bara dalam menyampaikan edukasi terkait bahaya narkoba melalui program cooling system, ungkap Asrul Toni Marpaung.

Walaupun mengalami patah kaki akibat kecelakaan, Dimas terus membuktikan bahwa keterbatasan fisik tidak menjadi penghalang untuk berkontribusi dalam kampanye anti narkoba di lingkungan pelajar, pungkasnya mengakhiri.

(wellas)


Share:

Personil Polsek Labuhan Ruku Pastikan Keamanan Acara Penutupan Maulid Arbain ke-40 di Batu Bara

Personil Polsek Labuhan Ruku Pastikan Keamanan Acara Penutupan Maulid Arbain ke-40 di Batu Bara




BATU BARA - Perisainusantara.com 

Personil Polsek Labuhan Ruku pastikan keamanan di acara Penutupan Maulid Arbain yang ke-40 di Kabupaten Batu Bara, yang  diselenggarakan oleh Forum Majelis Sholawat,

Acara bertempat di Lapangan Futsal Fairus, Simpang 4 Tanjung Tiram, Desa Indrayaman, Kecamatan Talawi. Rabu malam (16/10/2024) sekitar pukul 20:00 WIB 

Dipimpin langsung Kapolsek Labuhan Ruku AKP Cecep Suhendra, bahwa personel yang bertugas antara lain IPTU Ahmad Fahmi, AIPTU RF. Siahaan, AIPDA Fadil, BRIPKA Syukri, BRIPKA Irpan, dan BRIPTU Rinaldi.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Ketua Forum Majelis Sholawat Kabupaten Batu Bara, Ustadz Muhammad Rifaldi S.Pd, Pimpinan Ponpes Jabal Hindi Buya Fakhri Ramzy, Kanit Binmas Polsek Labuhan Ruku IPTU Ahmad Fahmi, pendakwah dari Mekkah, Sayyid Al-Habib Basim bin Ahmad Atthos, serta para pimpinan Majelis Sholawat se-Kabupaten Batu Bara. 

Turut hadir: Kepala Desa Indra Yaman, Kholilul Rahman, dan tokoh masyarakat H. Ahmad Mansyur  bersama lebih dari 600 jamaah.

Rangkaian acara meliputi pembacaan shalawat dan hadroh, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Forum Majelis Sholawat Ustadz Muhammad Rifaldi, 

Ceramah yang disampaikan oleh Sayyid Al-Habib Basim bin Ahmad Atthos. Ceramah dalam Bahasa Arab tersebut diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh Ustadz Muhammad Jufri. 

Penutupan diisi dengan pemberian ijazah shalawat oleh Sayyid Al-Habib Basim.

Acara berlangsung tertib dan lancar di bawah pengamanan petugas, pungkasnya Kapolsek Labuhan Ruku AKP Cecep Suhendra.

(wellas)


Share:

KNPI Batu Bara Kritik Pemuda yang Tuduh KPU Tidak Netral

KNPI Batu Bara Kritik Pemuda yang Tuduh KPU Tidak Netral



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Batu Bara melalui Ahmad Fatih Sultan menyesalkan pernyataan salah satu pemuda, Nazli Aulia, yang menuding ketua KPU Batu Bara tidak netral dan berpihak kepada salah satu pasangan calon dalam Pilkada 2024. 

Sultan menilai tudingan tersebut menunjukkan ketidakpahaman terhadap prosedur hukum dan mekanisme kerja KPU.

Sultan menegaskan bahwa KPU adalah lembaga yang bekerja secara kolektif kolegial, di mana setiap keputusan diambil melalui musyawarah lima komisioner dalam rapat pleno. 

"KPU tidak bisa membuat keputusan secara sepihak. Jika ada pelanggaran, laporkan saja kepada instansi terkait seperti Bawaslu atau DKPP, bukan membangun opini yang menyesatkan dan merugikan sosial politik kita," tegas Sultan.

Menanggapi tuduhan konflik kepentingan terkait dugaan keberpihakan Ketua KPU, Erwin, terhadap salah satu pasangan calon karena hubungan keluarga, Sultan menjelaskan bahwa hak pilih Erwin sebagai warga negara tetap dilindungi oleh undang-undang. 

"Bukan berarti karena dia ketua KPU, dia lantas tidak bisa menggunakan hak pilihnya, ada aturan yang mengatur hal itu," tambah Sultan.

Sambil tersenyum, Sultan menyampaikan bahwa masyarakat Batu Bara seharusnya tidak perlu bersikap terlalu dilema dalam menyikapi Pilkada. 

"Ini masih Pilkada Kabupaten, bukan Pilpres. Jangan membuat suasana seolah-olah sangat tegang. Kita ini semua bersaudara, wilayah kita kecil. Hari ini mungkin kita berbeda pendapat, besok bisa saja kita ngopi bersama lagi," ujarnya dengan nada bersahabat.

Menurut Sultan, di bawah kepemimpinan Ketua KPU Erwin, penyelenggaraan Pilkada di Batu Bara sudah berlangsung secara profesional. 

Mulai dari penerimaan badan ad hoc, penetapan bakal calon Bupati, hingga persiapan data pemilih, semua berjalan sesuai prosedur. Bahkan, KPU baru saja menggelar acara jalan sehat yang bertujuan untuk mempromosikan Pilkada yang sehat. "Jika jiwa kita sehat, cara kita berpolitik pun akan lebih baik dan rasional," ungkapnya.

Sultan juga menyoroti pentingnya hak konstitusional setiap warga negara, yang diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, baik hak untuk memilih maupun dipilih. 

Ia menekankan bahwa tidak ada yang bisa melarang seseorang, bahkan jika yang bersangkutan memiliki hubungan keluarga dengan calon.

Terkait tuduhan yang dilayangkan oleh Nazli Aulia, Sultan menyarankan agar bukti-bukti konkret dikumpulkan dan dilaporkan kepada pihak yang berwenang, bukan malah menggiring opini yang tidak mendidik masyarakat.

"Kami khawatir pernyataan Nazli ini bermotif politis karena terafiliasi dengan salah satu paslon, yang mungkin sengaja dimunculkan menjelang Pilkada," tambahnya.

Sultan menghimbau semua pasangan calon untuk menjaga sikap dan memberikan contoh yang baik selama masa kontestasi Pilkada 2024. 

Karena pada akhirnya, salah satu dari mereka akan memimpin Batu Bara selama lima tahun ke depan. 

Sangat disayangkan jika kemenangan diraih dengan cara-cara yang tidak baik, mengingat masyarakat Melayu dikenal suka bermusyawarah dan bersepakat dalam kebaikan, pungkasnya mengakhiri.

(wellas)


Share:

Personil Polsek Lima Puluh Patroli Mobile Malam Hari Guna Jaga Kamtibmas

Personil Polsek Lima Puluh Patroli Mobile Malam Hari Guna Jaga Kamtibmas



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Personil Polsek Lima Puluh melaksanakan Patroli Mobile Pada Malam Hari guna Memelihara Kamtibmas dan mencegah terjadinya 3C dan tindak kejahatan lainya diwilayah Hukum Polsek Lima Puluh. Selasa malam (15/10/2024) pukul 23.00 WIB

Kapolsek Lima Puluh AKP Tukkar L. Simamora, S.H , M.H menjelaskan adapun Personil yang bertugas yakni AIPTU Hendri P. dan BRIPKA K.R. Aruan 

Personil melaksanakan Giat Patroli Mobile guna mencegah terjadinya tindak kejahatan 3C dan tindak kejahatan lainnya.

Dalam, melaksanakan Patroli Malam  personil memprioritaskan daerah rawan kejahatan di seputaran Jalinsum lima puluh 

Dan, menghimbau warga untuk bersama-sama memelihara kamtibmas serta menginformasikan setiap adanya ganguan kamtibmas yang terjadi kepada Polsek Lima Puluh atau menghubungi Layanan Pelaporan Cepat Call center 110 Polres Batu Bara. 

Dijalan Lintas Sumatera Desa Perk. Dolok Pop, Personil juga memberikan himbauan kepada pemuda agar tidak terlibat Balap Liar atau Aksi Tawuran.

Hingga saat ini di laporkan Situasi Kamtibmas di Wilayah Hukum Polsek Lima Puluh dalam Keadaan Aman dan kondusif, pungkasnya Kapolsek Lima Puluh AKP Tukkar L. Simamora, S.H , M.H 

(wellas)



Share:

Polsek Medang Deras Gelar Patroli Malam Antisipasi Kejahatan dan Geng Motor

Polsek Medang Deras Gelar Patroli Malam Antisipasi Kejahatan dan Geng Motor



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Personel Polsek Medang Deras melaksanakan Patroli Malam dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polsek Medang Deras. Selasa malam (15/10/2024) pukul 22.00 WIB.

Kapolsek Medang Deras AKP Abdi Tansar, S.H , M.H menyatakan bahw Patroli Malam ini dipimpin oleh Wakatim Opsnal Polsek Medang Deras, AIPDA  Erdi, bersama tim patroli yang terdiri dari BRIPKA Sitio, BRIPKA Hendro, dan beberapa personel lainnya.

Patroli yang dilakukan menggunakan kendaraan roda empat tersebut bertujuan untuk mengantisipasi berbagai potensi kejahatan seperti aksi geng motor, begal, tawuran antar remaja, serta tindakan premanisme yang meresahkan masyarakat.

Selama giat patroli, petugas juga menyampaikan himbauan secara humanis kepada warga yang ditemui di sepanjang rute patroli. Masyarakat diingatkan untuk selalu mengunci ganda kendaraan saat diparkir dan diajak untuk bersama-sama menjaga kondisi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif.

Rute patroli mencakup sejumlah titik rawan di wilayah Kecamatan Medang Deras, seperti Jalan Sutan Syarif, Simpang Beringin, dan berbagai lokasi keramaian lainnya.

Patroli malam ini berjalan lancar dan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Medang Deras tetap terkendali serta aman hingga patroli selesai dilaksanakan, pungkasnya Kapolsek Medang Deras, AKP Abdi Tansar, S.H., M.H., mengakhiri.

(wellas)


Share:

Ketua KPU Batu Bara Hadiri Panggilan Bawaslu, Terkait Penetapan Lokasi APK

Ketua KPU Batu Bara Hadiri Panggilan Bawaslu, Terkait Penetapan Lokasi APK



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batu Bara Erwin, hadir di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Batu Bara memenuhi panggilan Bawaslu Batu Bara. Selasa petang (15/10/24).

Pemanggilan ini berkaitan dengan terbitnya Surat Keputusan KPU Batu Bara Nomor 902 tahun 2024 yang mengatur lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) di wilayah Kabupaten Batu Bara.

Hadirnya Erwin untuk memberikan klarifikasi kepada tim Bawaslu terkait dugaan pelanggaran yang muncul pasca penerbitan SK tersebut. 

Proses klarifikasi berlangsung untuk menggali informasi awal atas kemungkinan pelanggaran pemasangan APK.

Amin Rais Harahap, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Batu Bara, menjelaskan bahwa pemanggilan ini bertujuan untuk menelusuri dugaan pelanggaran pemasangan APK. 

"Penelusuran ini kami lakukan karena adanya Keputusan KPU Batu Bara Nomor 902 tahun 2024 serta maraknya APK yang diduga dipasang di tempat-tempat yang tidak sesuai ketentuan," jelas Amin Rais.

Sementara, Ketua Bawaslu Batu Bara, M. Amin Lubis, menyatakan bahwa pemanggilan ini merupakan tindak lanjut dari rekomendasi dan peringatan yang telah diberikan sebelumnya, 

Yakni, Surat Rekomendasi Nomor 195 dan Surat Peringatan Nomor 213, yang masing-masing dikeluarkan pada 3 Oktober dan 14 Oktober 2024. 

"Ini masih dalam tahap pendalaman, kami terus melakukan penelusuran," ujar Amin Lubis.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, dan Parmas Bawaslu Batu Bara, Muksin Khalik, menambahkan bahwa pemasangan APK harus mengacu pada peraturan yang berlaku. 

"Pemasangan APK harus mengikuti PKPU Nomor 13 tahun 2024 tentang Kampanye serta Keputusan KPU Nomor 1363 tahun 2024 yang mengatur pedoman teknis kampanye Pemilu Serentak 2024," jelas Muksin.

Klarifikasi ini diharapkan dapat memastikan semua pihak mematuhi aturan yang ada dalam pelaksanaan kampanye di Kabupaten Batu Bara, pungkasnya Mukhsin Khalid mengakhiri.

(wellas)


Share:

Kantor Hukum Trifa dan Masyarakat Apresiasi Langkah Kapolda Sumut Tetapkan Tersangka Manager dan Notaris Bank Muamalat

Kantor Hukum Trifa dan Masyarakat Apresiasi Langkah Kapolda Sumut Tetapkan Tersangka Manager dan Notaris Bank Muamalat


MEDAN - Perisainusantara.com

Kasus penipuan dan penggelapan yang sempat terhenti sejak 2021 akhirnya menunjukkan perkembangan baru. Polda Sumatera Utara menetapkan dua tersangka, yakni Financing & Analyst Manager Bank Muamalat Medan, Hamsari Nazli, serta Notaris Rachmansyah Purba, SH., M.Kn., pada 15 Oktober 2024.

Penetapan tersangka ini berawal dari laporan Suriyadiharto, nasabah Bank Muamalat, yang merasa dirugikan dalam kontrak pembayaran kredit rumah. Laporan tersebut diajukan kepada Kriminal Khusus (Krimsus) Polda Sumut. Menurut AKP Diana, Kanit Fismondev Polda Sumut, Rachmansyah Purba resmi ditetapkan sebagai tersangka, meski belum ditahan karena kondisi kesehatannya. Selain itu, GM Bank Muamalat, Hamsari Nazli, juga telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus yang sama.

Langkah Polda Sumut ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Kantor Hukum Trifa yang menjadi kuasa hukum Suriyadiharto, serta beberapa LSM. Sejumlah karangan bunga bertuliskan ucapan terima kasih terlihat di depan gedung Polda Sumut sebagai bentuk dukungan atas kinerja kepolisian.

Adi Warman, Ketua LSM Penjara, mengungkapkan bahwa langkah ini patut diapresiasi. "Kami berterima kasih kepada Kapolda Sumut yang telah bertindak tegas terhadap mafia nasabah bank. Jika tidak segera ditindak, pasti akan lebih banyak korban lagi. Kami berharap Kapolda terus menjaga integritasnya dalam menegakkan keadilan," ujar Adi Warman.

Senada dengan itu, Hj. Tri Atnuary, SH., M.Hum., kuasa hukum Suriyadiharto, juga menyampaikan rasa terima kasih atas kinerja Polda Sumut. “Kami sangat mengapresiasi langkah cepat Kapolda dalam menangani kasus ini. Kami akan terus mendukung penegakan hukum yang adil dan memastikan para tersangka dihukum sesuai dengan undang-undang,” tegas Tri.

Sementara itu, pihak Bank Muamalat menolak memberikan komentar terkait kasus ini. Suriyadiharto berharap agar kedua tersangka segera ditahan dan diproses hukum secepatnya.

(boim)


Share:

Satgas Propam Polres Batu Bara Pantau Pengamanan di Pilkada OMP Toba 2024

Satgas Propam Polres Batu Bara Pantau Pengamanan di Pilkada OMP Toba 2024



BATU BARA – Perisainusantara.com 

Subsatgas Propam Polres Batu Bara dalam Operasi Mantap Praja (OMP) Toba 2024 melaksanakan pengawasan ketat terhadap personel Polri yang bertugas di lokasi-lokasi penting selama tahapan Pilkada'24, Selasa (14/10/2024). 

IPTU Arianto Sitorus, S.H, Kasi Propam Polres Batu Bara, menyampaikan bahwa di setiap lokasi pengamanan, terdapat personel Polri yang bertugas menjaga keamanan. 

Pengawasan ini dilakukan di Kantor KPU, Bawaslu, dan Gudang Logistik KPU Kabupaten Batu Bara.

Di Kantor KPU, terdapat satu perwira polisi sebagai Padal (Perwira Pengendali) yang dibantu oleh empat personel Polri. 

Kondisi serupa juga berlaku di Kantor Bawaslu dan Gudang Logistik KPU, yang masing-masing dijaga oleh satu perwira sebagai Padal dan empat personel Polri.

"Subsatgas Propam bertugas melakukan pengawasan agar anggota Polri tetap disiplin dan tidak melakukan pelanggaran selama bertugas di lapangan," ungkap IPTU Arianto Sitorus.

Selain memastikan disiplin, Subsatgas Propam juga memeriksa kelengkapan administrasi dan peralatan keamanan yang dimiliki oleh setiap personel. 

Pemeriksaan juga mencakup kesiapan mental dan fisik anggota dalam menghadapi situasi yang berpotensi rawan selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Batu Bara. 

Pengawasan ini diharapkan memastikan seluruh personel Polres Batu Bara menjalankan tugasnya secara optimal dan profesional dalam menjaga keamanan Pilkada, pungkasnya Kasi Propam Polres Batu Bara IPTU A. Sitorus, S.H 

(wellas)


Share:

Kobarkan Semangat, YPPB dan Satres Narkoba Polres Batu Bara Gelar Edukasi, Sosialisasi PPA dan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Kobarkan Semangat, YPPB dan Satres Narkoba Polres Batu Bara Gelar Edukasi, Sosialisasi PPA dan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Satres Narkoba Polres Batu  Bara dan YPPB lanjut gelar Edukasi dan Sosialisasi Perlindungan Perempuan dan Anak serta pencegahan dan penanganan tindak pidana penyalah gunaan Narkotika

Kembali melanjutkan ikhtiar pemberdayaan masyarakatnya, Yayasan Perempuan Payung Bangsa (YPPB) gelar sosialisasi dan edukasi pencegahan dan penanganan tindak kekerasan perempuan dan anak sampai ke Desa-Desa se Kabupaten Batu Bara.

Yayasan Perempuan Payung Bangsa (YPPB) berkolaborasi dengan Satuan Reserse Narkotika Kepolisian Resor Batu Bara mengisi materi edukasi kepada masyarakat Desa Bagan Dalam (Selasa, 15 Oktober 2024). 

Isu perlindungan perempuan dan anak yang sangat kritikal di wilayah pesisir Pantai Timur Sumatera ini menjadi isu yang diulas dan dibedah oleh pemateri dari YPPB sdri. Wariani, SH dan tim. 

Dibantu dengan pemateri dari Polres Batu Bara, YPPB mencoba meletakkan dasar-dasar hukum pencegahan dan penanganan tindak kekerasan perempuan dan anak yang menjadi golongan terkesampingkan. 

Berdasarkan data yang dikumpulkan sepanjang 2023, sebanyak 95 kasus yang ditangani Unit Perempuan dan Anak (PPA) Polres Batu Bara. Dengan varian perkara antara lain Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Kekerasan Anak, Pencabulan, Perkosaan dan lain lain. 

KDRT merupakan kasus penyumbang terbesar didalam peristiwa perkara yang ditangani di lapangan. 

Merujuk data perkara yang masuk, maka penyegeraan dan sadar awal perlu pencegahan dan penanganan tindak kekerasan perempuan dan anak dilaksanakan dalam format edukasi dan sosialisasi yang digagas Polres Batu Bara dengan menggandeng YPPB yang masa ini sedang getol mengangkat dan mengurusi isu-isu perempuan dan anak.

" Desa sebagai lembaga wilayah terkecil adalah sumber dan teritori asal perkara terhadap perempuan dan anak, Desa juga dipandang sebagai mitra sinergis untuk membangun kesadaran publik melindungi perempuan dan anak", ujar Wariani, SH, pemateri sekaligus salah satu pendiri YPPB. 

Dikesempatan yang sama, "Masih banyak perkara-perkara terkait perempuan dan anak belum dikelola dan ditangani dengan baik sehingga mengendap menjadi dogmatis negatif di masyarakat, bahwa perempuan dan anak adalah kaum yang tidak memiliki esensi kesetaraan didalam perlakuan hukum", tambah Ketua YPPB Kartika Sari, SH. 

Dari sudut lain, Ipda. Harry Permana Putra Nasution, SH. Kanit 2 Satres Narkoba Polres Batu Bara juga menjelaskan hubungan pengelolaan Keluarga yang baik terhadap tindak-tindak penyalahgunaan Narkoba di masyarakat berikut pencegahannya. 

Menurut Ipda Harry, "pembinaan Keluarga yang baik menjadi awal pencegahan perluasan tindak pidana penyalahgunaan narkoba". 

Selanjutnya, pelaksanaan edukasi dan sosialisasi yang juga dimotori oleh Advokat Senior Sdr. Ramadhan Zuhri, SH. kepada seluruh Desa - desa di Batu Bara akan terus dilanjutkan dan diselesaikan dengan baik.

Sehingga menjadi sebuah sistem terpadu pencegahan dan penanganan yang baik terhadap kasus kasus yang  berkaitan dengan perempuan dan anak 

Serta menjadi penanda awal terhadap tindak penyalah gunaan narkoba di Batu Bara, pungkasnya mengakhiri.

(DF)


Share:

Unit Reskrim Polsek Indrapura Amankan Diduga Pelaku Pengancaman

Unit Reskrim Polsek Indrapura Amankan Diduga Pelaku Pengancaman



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Pihak Unit Reskrim Polsek Indrapura yang dipimpin oleh Kanit Reskrim, IPDA Manahan Siregar, berhasil mengamankan seorang pria yang diduga terlibat dalam aksi pengancaman sebagaimana diatur dalam Pasal 335 Ayat (1) KUHPidana.

Dasar penangkapan tersebut didasarkan pada Laporan Polisi dengan nomor LP/B/104/IX/2024 tertanggal 3 September 2024, serta surat perintah penangkapan Sp.Kap/130/X/RES.1.8/2024 tertanggal 14 Oktober 2024.

Kasi Humas Polres Batu Bara AKP AH. Sagala menjelaskan bahws Insiden tersebut terjadi pada Sabtu malam, 31 Agustus 2024 sekitar pukul 22.00 WIB, di Dusun V, Desa Air Putih, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara. 

Korban yang berprofesi sebagai guru honorer, Muhammad Ridho Sufa (33), mendatangi rumah tersangka, Hendra (39), bersama saksi, Erwin Simanjuntak, untuk memanggil keponakan tersangka, Adit, guna mengklarifikasi tuduhan bahwa korban terlibat dalam penyalahgunaan narkotika.

Namun, situasi berubah ketika Hendra, yang merupakan paman Adit, langsung marah dan mengeluarkan ancaman dengan mengatakan, “Ngapain kalian bawa-bawa keponakanku, kutebas kalian nanti, guru kalau pakai narkoba kutebas kau," sambil mengeluarkan sebilah arit dari balik bajunya. Ancaman tersebut membuat korban mundur ketakutan.

Saksi Erwin mencoba menenangkan Hendra dan menjelaskan maksud kedatangan mereka. Namun, karena merasa terancam, korban akhirnya melaporkan insiden tersebut ke Polsek Indrapura untuk ditindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku.

Dijelaskan Kasi Humas Polres Batu Bara AKP AH. Sagala , Kasus ini ditangani langsung oleh Kapolsek Indrapura, AKP Reynold Silalahi, S.H. pungkasnya mengakhiri.

(wellas)


Share:

Kapolres Batu Bara dan Jajaran Lakukan Kunjungan ke Mako Polsek Indrapura

Kapolres Batu Bara dan Jajaran Lakukan Kunjungan ke Mako Polsek Indrapura



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Kapolres Batu Bara, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, S.H., S.I.K, bersama Waka Polres Batu Bara Kompol Imam Alriyuddin, S.H., M.H., serta jajaran pejabat utama Polres Batu Bara dan para Kasat Polres Batu Bara, didampingi Kapolsek Indrapura, melakukan kunjungan ke Mako Polsek Indrapura. Senin malam (14/10/1024)

Kapolres Batu Bara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, S.H , S.I.K menyatakan bahwa Hal ini guna memperkuat netralitas Polri dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memastikan situasi aman dan kondusif selama tahapan Pilkada di Kabupaten Batu Bara.

Ia menekankan bahwa Polri harus tetap netral dan mengajak masyarakat menggunakan hak pilih mereka tanpa intervensi. "Siapa pun yang terpilih, itulah yang terbaik bagi masyarakat kita," ujarnya.

Juga mengingatkan para personil untuk tidak terlibat dalam proses politik atau berpihak pada kandidat manapun. Jika ada personil yang diketahui melanggar, tindakan tegas sesuai hukum akan diambil. 

Selain itu, pentingnya menjaga ketertiban, terutama melalui patroli untuk mencegah gangguan seperti geng motor, serta terus memerangi narkoba dan judi.

Kapolres menegaskan agar para personil meningkatkan sistem pendinginan (cooling system) dalam suasana kampanye serta mendorong masyarakat untuk hadir di TPS. 

Diharapkan personil lebih bijak dalam menanggapi informasi di media sosial, serta berhati-hati terhadap berita hoaks yang dapat memecah belah persatuan.

Serta pentingnya bekerja sesuai SOP, menjaga kesehatan, dan terus memperkuat solidaritas antar instansi demi kelancaran pelaksanaan Pilkada 2024, dengan Aman dan Damai, pungkasnya Kapolres Batu Bara mengakhiri.

(wellas)


Share:

Polsek Indrapura Intensifkan Patroli Malam Antisipasi Balap Liar dan Begal

Polsek Indrapura Intensifkan Patroli Malam Antisipasi Balap Liar dan Begal



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Personel Polsek Indrapura, Polres Batu Bara, kembali melaksanakan "Patroli Malam", dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat (Kamtibmas), di wilkumnya. Senin (14/10/2024). 

Kapolsek Indrapura AKP Reynold Silalahi, S.H , menjelaskan Patroli ini bertujuan untuk mencegah aksi balap liar, begal, dan tawuran yang sering terjadi di wilayah hukumnya.

Kegiatan patroli dimulai pukul 22.00 WIB dengan menyusuri sejumlah titik rawan seperti sepanjang Jalinsum, Simpang Kuala Tanjung, Desa Tanjung Gading, dan Jalan Acces Road Inalum. 

Patroli dipimpin oleh IPDA G. Sinaga dan BRIPKA Suyitno, patroli ini menekankan upaya pencegahan aksi kriminal serta menjaga situasi tetap kondusif.

Dalam kesempatan tersebut, petugas juga mengimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap potensi kejahatan begal dan tetap menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. 

Hingga saat ini, situasi di wilayah hukum Polsek Indrapura dilaporkan dalam kondisi aman dan terkendali, pungkasnya AKP Reynold Silalahi, SH mengakhiri.

(wellas)




Share:

Guna Mempertahakan Integritas, OSIS SMK Negeri 1 Air Putih Gelar Konsolidasi



Batu Bara, perisainusantara.com

Sejumlah Siswa-siswi SMK Negeri 1 Air Putih gelar Konsolidasi kepada Kepala Sekolah. Kabupaten Batu Bara. Senin, (14/10/2024).


Sebanyak 8 orang Siswa-siswi, terdiri dari Kepengurusan OSIS menyampaikan tentang kebutuhan sarana dan prasarana sekolah. Bukan tanpa sebab, kehadiran Pengurus OSIS diruangan kerja Kasek ternyata untuk memberikan Ide mereka guna mempertahakan integritas sekolah yang selama ini mendapat predikat terbaik.


Pada Konsolidasi, Ketua OSIS Periode 2024-2025, Intan Zahara, Siswi kelas XII Teknik Bodi Kendaraan Ringan (TBKR), meminta tambahan kebutuhan peralatan dan sarana prasarana, antara lain berupa peralatan pendukung untuk rumah pengolahan sampah daun menjadi kompos (pupuk organik). 


Dikesempatan yang sama, Kasek SMK Negeri 1 Air Putih, Sulistio. S.Pd, M.Pd langsung menanggapi apa saja permintaan dari Pengurus Organisasi Siswa tersebut. “Untuk permintaan anak-anak sekalian, segera mungkin pihak sekolah akan merealisasikan keinginan kalian,” jawab Sulistio.


Saat Konsolidasi berlangsung, Sulistio kembali bertanya kepada Ketua OSIS yang merupakan Finalis LKS Nasional 2023 tersebut “selain tong sampah, apakah ada masukan-masukan yang lain atau apakah ada kejanggalan yang kalian ketahui di sekolah ini?”. Tidak ada pak,” jawab serentak pengurus OSIS SMK Negeri 1 Air Putih.

Disisi lain Sulistio mengapresiasi kehadiran Pengurus OSIS yang dinilai peduli akan perkembangan di ruang lingkup sekolah.

“Kita bangga memiliki anak didik seperti mereka, berani bersuara dan terlihat sangat peduli akan perkembangan di ruang lingkup sekolah ini,” ujar Sulistio.


Melalui kesempatan ini juga, Sulistio mengucapkan ribuan terima kasih kepada OSIS dan sejumlah Guru dan Siswa-siswi SMK Negeri 1 Air Putih. Serta, Organisasi sekolah yang telah berperan aktif dari saat penyambutan Kepada Dinas Pemprov Sumut pada waktu lalu.

“Terimakasih saya kepada seluruh Siswa-siswi serta Guru-guru yang turut mensukseskan acara penyambutan Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sumut hingga selesai,” tutup Tio.


Penulis: Bajang

Kontributor : Aryo

Share:

Pencurian dengan Kekerasan di Sei Suka, Pelaku Ditangkap Polisi

Pencurian dengan Kekerasan di Sei Suka, Pelaku Ditangkap Polisi



BATU BARA – Tim Reskrim Polsek Indrapura, di bawah komando Kanit Reskrim IPDA Manahan Siregar, berhasil menangkap seorang pria yang diduga terlibat dalam kasus pencurian dengan ancaman kekerasan. Kasus ini terkait dengan pelanggaran Pasal 365 Ayat (1) KUHP tentang pencurian dengan kekerasan.

Penangkapan ini didasarkan pada laporan polisi nomor LP/B/115/X/2024 yang diterbitkan pada 13 Oktober 2024. Kronologi kejadian terjadi pada Minggu malam, sekitar pukul 21.00 WIB di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Dusun Sawo II, Desa Sei Suka Deras, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara.

Korban, seorang wanita bernama Lisa Dwi Anggraini (30), tengah mengendarai sepeda motor dari Tebing Tinggi menuju Indrapura untuk berbelanja. 

Di tengah perjalanan, pelaku Rizky Fauzi (29) mendekati korban dengan sepeda motor dan merampas tas milik korban yang berisi tiga unit handphone.

Tim Patroli Reskrim Polsek Indrapura yang saat itu tengah berada di Simpang Bandar Tinggi segera bergerak cepat mengejar pelaku. 

Dengan bantuan masyarakat setempat, pelaku akhirnya ditangkap setelah terjatuh dari sepeda motor saat berusaha kabur.

Pelaku dan barang bukti kemudian dibawa ke Polsek Indrapura untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dalam interogasi, pelaku mengakui perbuatannya. 

Korban mengalami kerugian sebesar Rp8.000.000 dan telah melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian.

Kapolsek Indrapura, AKP Reynold Silalahi, S.H., memastikan bahwa pelaku akan diproses sesuai hukum yang berlaku, pungkasnya mengakhiri.

(wellas)




Share:

Satlantas Polres Batu Bara Sambangi SMK N. 1 Air Putih di Program Police Goes To School

Satlantas Polres Batu Bara Sambangi SMK N. 1 Air Putih di Program Police Goes To School



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Dalam rangka mengantisipasi kenakalan remaja dan mencegah tindak kriminal di kalangan pelajar, 

Satuan Lalu Lintas Polres Batu Bara menggelar program Police Goes to School di Kabupaten Batu Bara, Senin (14/10/2024).

Kegiatan yang berlangsung di SMA Negeri 1 Air Putih, Kecamatan Air Putih, ini dipimpin oleh personel Satlantas Polres Batu Bara.

Kapolres Batu Bara, AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, S.H., S.I.K., melalui Kasat Lantas AKP Andi K. Barus, S.H., menyampaikan pesan kepada para pelajar terkait penerapan hukum dalam UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Operasi Zebra Toba 2024 juga dimulai hari ini dan akan berlangsung selama 14 hari, dari 14 Oktober hingga 27 Oktober 2024," jelas Kasat Lantas.

Selain itu, ia menekankan pentingnya bijak dalam menggunakan ponsel, terutama dalam menghindari tindakan kriminal seperti judi online dan penyebaran berita hoaks yang bisa berdampak hukum. “Jangan sampai gara-gara ponsel, adik-adik terjerat hukum. Ingat, jarimu harimaumu,” ujarnya.

Kasat Lantas juga menegaskan bahwa pendidikan di kalangan pelajar sangat penting untuk mencegah kriminalitas. Karena itu, Satlantas Polres Batu Bara rutin mengunjungi sekolah-sekolah di wilayah tersebut setidaknya sekali dalam sebulan.

"Kami juga mengingatkan agar selalu berhati-hati di jalan. Banyak kecelakaan yang melibatkan pelajar akibat kelalaian, khususnya di kalangan usia produktif," tutupnya.

(wellas)


Share:

Kapolres Batu Bara Pimpin Apel Operasi Zebra Toba 2024

Kapolres Batu Bara Pimpin Apel Operasi Zebra Toba 2024



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Kapolres Batu Bara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, SH., SIK memimpin apel gelar pasukan dalam rangkaian Operasi Zebra Toba 2024 pada Senin (14/10/2024) di Mapolres Batu Bara. 

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat daerah, termasuk Asisten I Edwin yang mewakili Bupati Batu Bara, Danramil Lima Puluh Kapten Inf K Surbakti yang hadir mewakili Dandim 0208/Asahan, Kasat Pol PP Raman Hadi, Kadishub Rubi Anto Sari Siboro, ST, serta pejabat utama Polres Batu Bara.

Apel ini melibatkan pasukan gabungan dari berbagai elemen, seperti anggota Polres Batu Bara, perwakilan Polsek, TNI, Dishub, dan Satpol PP. 

Kapolres Batu Bara AKBP Taufiq Hidayat menjelaskan bahwa Operasi Zebra tahun ini bertepatan dengan momen penting, yaitu pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024.

"Melalui Operasi Zebra Toba 2024, kita ingin meningkatkan kemampuan personil dalam mendukung kelancaran pelantikan presiden serta mengajak masyarakat untuk lebih tertib berlalu lintas demi terciptanya keamanan dan kenyamanan di jalan," ungkap AKBP Taufiq.

Operasi Zebra Toba ini akan berlangsung selama dua pekan, dimulai pada 14 Oktober hingga 27 Oktober 2024. 

Dalam arahannya, Kapolres menekankan pentingnya kerja sama lintas sektoral dalam operasi ini, yang tidak hanya melibatkan Polri, tetapi juga TNI, Satpol PP, Dishub, dan pihak terkait lainnya, pungkasnya Kapolres Batu Bara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, S.H , S.I.K

(wellas)


Share:

Satlantas Polres Batu Bara Gelar Patroli Kibas Bendera untuk Jaga Ketertiban Lalu Lintas

Satlantas Polres Batu Bara Gelar Patroli Kibas Bendera untuk Jaga Ketertiban Lalu Lintas




BATU BARA - Perisainusantara.com

Personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Batu Bara Polda Sumatera Utara menggelar patroli "Kibas Bendera" pada Minggu, 13 Oktober 2024, mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai. 

Patroli ini dilakukan di sejumlah titik rawan di wilayah hukum Polres Batu Bara, dengan tujuan meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Kasat Lantas IPTU Andi K. Barus, S.H , M.H menjelaskan adapun tujuan Patroli ini merupakan langkah preventif sebagai bagian dari implementasi program Kapolri yang menekankan kehadiran petugas, terutama pada siang hari. 

Adapun sasaran dari kegiatan ini mencakup lima poin utama: 1. Menjalankan arahan Kapolri dengan menempatkan personel di lapangan untuk memberikan himbauan langsung kepada pengguna jalan, 2. Memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang tengah beraktivitas di jalan raya, 3. Mencegah aksi kejahatan yang mungkin terjadi di sepanjang jalan, 4. Mengantisipasi pelanggaran lalu lintas, seperti aksi balap liar dan kebut-kebutan oleh remaja atau pemuda, 5. Mencegah kecelakaan lalu lintas.

Dan, Lokasi Patroli dilakukan disekitar  wilayah yang dikenal rawan kecelakaan, kemacetan, balap liar, dan kejahatan jalanan, yaitu:

Pada Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Indrapura - Perkebunan Tanah Datar , Jalinsum Lima Puluh - Desa Perkebunan Gambus , Jalinsum Sei Bejangkar - Perkebunan Sei Bejangkar.

Kegiatan ini melibatkan beberapa personel Satlantas Polres Batu Bara, termasuk anggota dari Pos Lantas Indrapura dan Pos Lantas Sei Bejangkar, di bawah pimpinan Kasat Lantas Polres Batu Bara, Iptu Andi K. Barus, S.H., M.H.

Sepanjang patroli, situasi lalu lintas berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif tanpa adanya insiden besar.

Kegiatan seperti ini akan terus dilakukan guna menjaga ketertiban lalu lintas dan mengurangi risiko kecelakaan serta pelanggaran di jalan raya, pungkasnya Kasat Lantas Polres Batu Bara, IPTU Andi K. Barus, S.H , M.H

(wellas)


Share:

Personil Polsek Medang Deras Laksanakan Patroli Malam Antisipasi Kamtibmas

Personil Polsek Medang Deras Laksanakan Patroli Malam Antisipasi Kamtibmas



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Personel piket dari Satuan Fungsi Polsek Medang Deras, melaksanakan patroli malam mengantisipasi Kamtibmas  diwilkumnya. Sabtu malam (12/10/2024) pukul 22.00 WIB.

Personil bertugas dengan kendaraan roda empat untuk mengantisipasi berbagai potensi kejahatan seperti geng motor, begal, tawuran remaja, dan premanisme di wilayah hukum Polsek Medang Deras.

Kapolsek Medang Deras AKP Abdi Tansar, S.H ,M.H menjelaskan Adapun petugas yang turut serta dalam kegiatan ini adalah Aiptu F. Santoso sebagai Kanit Binmas, Aiptu R. Rivai, Aipda Walter Hutahaean, serta beberapa personel lainnya dari Polsek Medang Deras.

Di bawah komando Kanit Binmas Frans Santoso, personel Polsek Medang Deras melaksanakan patroli malam dengan tujuan utama pencegahan kriminalitas, termasuk aksi geng motor, begal, tawuran antar remaja, dan premanisme di wilayah tersebut. 

Patroli malam ini juga dilaksanakan dengan metode blue light untuk memastikan kehadiran polisi dapat  terlihat jelas oleh masyarakat.

Petugas tak hanya mengamankan wilayah, tetapi juga memberikan imbauan secara humanis kepada masyarakat untuk selalu waspada, seperti mengunci ganda kendaraan saat diparkir serta turut berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Sasaran patroli meliputi: Jalan Sutan Syarif, Kelurahan Pangkalan Dodek, Kecamatan Medang Deras dan Simpang Beringin, Kecamatan Medang Deras, serta tempat-tempat keramaian di wilayah hukum Polsek Medang Deras.

Patroli yang berlangsung hingga selesai tersebut berjalan lancar, tanpa adanya gangguan kamtibmas yang berarti,

Kapolsek Medang Deras, AKP Abdi Tansar, S.H., M.H., mengapresiasi kegiatan tersebut karena mampu menjaga situasi tetap aman dan kondusif di wilayahnya, pungkasnya mengakhiri.

(wellas)


Share:

Jalan Rusak di Access Road Kuala Tanjung, Masyarakat Resah dan Siap Gelar Aksi

Jalan Rusak di Access Road Kuala Tanjung, Masyarakat Resah dan Siap Gelar Aksi



BATU BARA - Perisainusantara.com

Kondisi jalan di Kuala Tanjung, tepatnya di Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, terus memprihatinkan. 

Kerusakan parah sepanjang sekitar 200 meter belum mendapat penanganan yang signifikan dari pemerintah. 

Akibatnya, kemacetan dan kecelakaan sering terjadi, terutama pada jam-jam sibuk antara pukul 07:00 hingga 16:00 WIB.

Warga dan pengguna jalan mengaku cemas, khawatir akan keselamatan mereka akibat kondisi jalan yang menyerupai "wadah air comberan". 

Ketua Askar Pemuda Indonesia Desa Lalang, M. Yusuf N, mengungkapkan kekecewaannya terhadap pihak Pemkab Batu Bara dan Pemprov Sumut yang dinilai belum memberikan perhatian serius. 

Ia menegaskan bahwa kondisi ini sangat mengganggu aktivitas masyarakat sekitar dan pengguna jalan.

Sekretaris Askar Pemuda Indonesia, Al Hamdani, menekankan pentingnya perbaikan jalan sebelum akhir tahun. 

Ia mengancam, jika kondisi ini tidak segera diatasi, pihaknya bersama warga akan melakukan aksi unjuk rasa dan penyekatan jalan di lintasan Access Road Kuala Tanjung.

Menurut Al Hamdani, masyarakat sudah sangat resah dan tidak ingin menunggu lebih lama. 

Ia menambahkan bahwa ketidakmampuan pemerintah daerah dalam menangani masalah ini bisa memicu kemarahan warga. 

"Jangan sampai masyarakat Desa Lalang naik emosi karena jalan yang rusak parah seperti ini belum juga diperbaiki," tegasnya.

Al Hamdani juga menegaskan bahwa Askar Pemuda Indonesia akan menjadi jembatan aspirasi masyarakat, dan siap turun langsung ke lapangan jika diperlukan untuk memperjuangkan kepentingan bersama. 

Menurutnya, langkah ini sejalan dengan amanat konstitusi dalam menjaga kepentingan publik dan menjunjung demokrasi.

(red)


Share:

Polsek Medang Deras Gelar Patroli Malam untuk Cegah Kejahatan dan Premanisme

Polsek Medang Deras Gelar Patroli Malam untuk Cegah Kejahatan dan Premanisme



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Polsek Medang Deras Polres Batu Bara menggelar Patroli Malam sebagai langkah preventif dalam menjaga keamanan di wilayah hukumnya. Jumat malam (11/10/2024).

Kapolsek Medang Deras AKP Abdi Tansar, S.H , M.H menjelaskan bahwa Patroli yang dimulai pukul 22.00 WIB ini dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Medang Deras, Aiptu F. Santoso, dan diikuti oleh sejumlah personel lainnya, 

Termasuk Aipda Erdi, Bripka Eko Pramulya, dan Bripka Hendro, dengan menggunakan sepeda motor, patroli ini bertujuan mengantisipasi tindak kejahatan seperti geng motor, begal, tawuran antar remaja, dan premanisme.

Selama kegiatan, petugas melaksanakan patroli di berbagai titik keramaian, termasuk Alfamidi Pagurawan dan BRI Pangkalan Dodek di Kecamatan Medang Deras. 

Mereka memberikan imbauan kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap aksi kriminal, seperti mengunci ganda kendaraan saat diparkir. Selain itu, petugas juga mengajak warga untuk ikut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar.

"Patroli ini kami lakukan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat, terutama di malam hari. Kami juga mengimbau masyarakat agar aktif dalam menjaga keamanan di wilayahnya," ujar Aiptu F. Santoso.

Patroli yang berlangsung hingga dini hari ini berjalan lancar dan situasi kamtibmas terpantau aman tanpa adanya kejadian menonjol. 

Kapolsek Medang Deras, AKP Abdi Tansar, S.H., M.H., mengapresiasi kinerja personelnya dan berharap kegiatan patroli seperti ini terus dilakukan untuk menciptakan suasana yang kondusif di wilayah hukum Polsek Medang Deras.

Disampaikan Kapolsek, Kami akan terus berupaya menjaga keamanan di wilayah ini agar masyarakat merasa tenang dan nyaman. Semoga upaya preventif seperti patroli malam ini dapat mengurangi potensi kejahatan," pungkas Kapolsek Medang Deras AKP Abdi Tansar, S.H , M.H 

(wellas)


Share:

Artikel

Label

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (218) Pemerintahan (107) Pendidikan (140) politik (106) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Arsip Blog

Kesaktian Pancasila