-->

Bawaslu Batu Bara Luncurkan Pemetaan Kerawanan Pilkada '24

Bawaslu Batu Bara Luncurkan Pemetaan Kerawanan Pilkada '24



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Badan Pengawas Pemilihan Umum  (Bawaslu) Kabupaten Batu Bara secara resmi meluncurkan Pemetaan Kerawanan Pemilihan dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serta Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2024 di aula Singapura Land pada Rabu (16/10/2024). 

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Pj Bupati Batu Bara, Heri Wahyudi Marpaung, Asisten 1, serta perwakilan Kapolres Batu Bara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, Kasat Reskrim, dan Kanit Ekonomi Rener Tambunan. 

Hadir pula para Camat se-Kabupaten Batu Bara, organisasi masyarakat, lembaga, dan Panwascam dari seluruh kecamatan di wilayah tersebut.

Ketua Bawaslu Batu Bara, Amin Lubis, menegaskan bahwa pemetaan ini bertujuan untuk mengawasi jalannya Pilkada serentak 2024, sekaligus meminimalisasi potensi risiko, yang mungkin muncul selama proses pemilihan berlangsung. 

“Panwascam harus selektif dalam melakukan pengawasan. Kami telah memantau KPU yang merekrut 798 anggota KPPS,” ungkapnya Amin.

Amin juga menyoroti pentingnya netralitas ASN dalam pemilu, hasil dari koordinasi yang dilakukan dengan pemerintah daerah. 

Ia juga menekankan potensi kerawanan pada tahap kampanye, terutama terkait pelanggaran alat peraga kampanye (APK). 

Bawaslu Batu Bara akan berkolaborasi dengan Satpol PP untuk menertibkan APK yang tidak sesuai aturan.

Lebih lanjut, Amin mengungkapkan kekhawatirannya mengenai distribusi logistik pemilu yang belum optimal. 

Ia menyatakan bahwa, waktu pemilihan tinggal 42 hari lagi dan APK pasangan calon belum diterima serta surat suara pun belum tiba di Kabupaten Batu Bara, ini juga dapat memicu risiko penundaan pemilu.

Amin mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengawasi Pilkada agar berlangsung jujur, adil, dan bebas dari kecurangan, pungkasnya Amin mengakhiri.

(wellas)


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel

Label

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (218) Pemerintahan (107) Pendidikan (140) politik (106) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Arsip Blog

Kesaktian Pancasila