-->

Bawaslu Batu Bara Pasang Spanduk Ajak Warga Aktif Awasi Pilkada 2024

Bawaslu Batu Bara Pasang Spanduk Ajak Warga Aktif Awasi Pilkada  2024



Photo: PKD Desa Lubuk Cuik Herianto dalam ajakan " Ayo Awasi Bersama Stop Hoax , waspada kampanye hitam"

BATU BARA - Perisainusantara.com 

Dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat untuk mengawasi jalannya Pemilihan serentak 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batu Bara memasang spanduk serentak di berbagai Desa dan Kecamatan. 

Dimulai pada 10 Oktober 2024, pemasangan ini melibatkan seluruh jajaran Bawaslu hingga tingkat Pengawas Kelurahan Desa (PKD), dengan pesan untuk bersama-sama mengawasi proses Pemilihan. 

Melalui tagline "Ayo Awasi Bersama, Stop Hoax dan Waspada Kampanye Hitam," kampanye ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengawasan dalam mewujudkan Pemilu yang adil dan transparan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara, M. Amin Lubis, menjelaskan bahwa spanduk tersebut dipasang di berbagai titik strategis guna menjangkau masyarakat secara luas. 

Ia menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mengawasi jalannya Pemilu, tidak hanya sebagai pemilih, tetapi juga sebagai pengawas aktif. 

Keterlibatan masyarakat sangat penting dalam menciptakan Pemilu yang bersih, adil, dan bebas dari praktik politik uang.

Dengan keterlibatan aktif masyarakat, kami berharap kualitas demokrasi dapat terjaga," ungkapnya Amin.

Dan, menyoroti maraknya hoaks menjelang Pemilu, yang sering memecah belah persatuan dan mempengaruhi pilihan politik secara tidak sehat, 

Ia mengimbau masyarakat untuk lebih cerdas dalam menerima informasi, selalu memverifikasi kebenarannya, serta waspada terhadap berita palsu yang sering menyebar di media sosial. 

Hoaks adalah ancaman serius bagi kualitas Pemilu, oleh karena itu, kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama melawan penyebaran informasi palsu,” tambahnya.

Bawaslu juga berpesan kepada  masyarakat agar berhati-hati terhadap kampanye hitam yang kerap digunakan untuk menyerang lawan politik. 

Kampanye semacam ini, menurut Amin, merusak integritas Pemilu dan menyesatkan masyarakat dengan informasi yang tidak benar. 

Ia meminta warga untuk tidak mudah terpengaruh dan selalu kritis terhadap segala bentuk informasi yang berpotensi mencemarkan nama baik pihak lain.

Bawaslu berharap, dengan dipasangnya spanduk di berbagai sudut desa, masyarakat lebih berperan aktif dalam melaporkan setiap bentuk pelanggaran, baik itu hoaks maupun kampanye hitam. 

Bahwa, Setiap laporan akan ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, tegasnya Amin.

Bawaslu Batu Bara mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Pemilu yang damai, jujur, dan adil. 

Mari kita ciptakan Pemilu yang bermartabat, bebas dari hoaks, bebas dari kampanye hitam, dan bebas dari  politik uang. 

Bersama Bawaslu, kita tegakkan keadilan dalam Pemilu, tutupnya Amin.

(wellas)


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel

Label

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (218) Pemerintahan (107) Pendidikan (140) politik (106) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Arsip Blog

Kesaktian Pancasila