-->

Ketua KPU Batu Bara Kecewa, Sejumlah Wartawan Publikasikan Berita Tanpa Konfirmasi

Ketua KPU Batu Bara Kecewa, Sejumlah  Wartawan Publikasikan Berita Tanpa Konfirmasi



BATU BARA - Perisainusantara.com 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batu Bara, Erwin S.Sos, menyampaikan kekecewaannya terhadap sejumlah wartawan yang dinilai tidak melakukan konfirmasi sebelum mempublikasikan berita. 

Dalam pernyataannya, Erwin menyoroti adanya perbedaan informasi antara apa yang disampaikan oleh KPU dan apa yang muncul di media. 

"Aneh sekali, kita beri jawaban satu hal, tapi yang ditulis berbeda," ungkapnya Erwin saat berbicara kepada wartawan pada Kamis malam (17/10/2024).

Erwin, yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris PWI Kabupaten Batu Bara, mengingatkan pentingnya wartawan mematuhi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, 

Serta menjalankan prinsip verifikasi sebelum menyebarkan informasi. Ia mengkritik praktik copy-paste informasi tanpa pengecekan yang kerap menghasilkan berita yang tidak akurat dan melanggar etika jurnalistik.

"Kami di KPU tidak pernah takut pada media. Peran media sangat penting sebagai pengawas publik, tapi sebaiknya sebelum berita dipublikasikan, pastikan terlebih dahulu konfirmasi dari sumbernya. Jangan asal main terbit saja," jelas Erwin.

Menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Erwin juga berharap agar semua Tim Sukses menjaga suasana kondusif dan bersikap rasional demi kelancaran proses demokrasi di Kabupaten Batu Bara. 

Menurutnya, isu yang kecil bisa dengan mudah dipelintir oleh berbagai pihak. Ia mengklarifikasi bahwa KPU Batu Bara hanya meminta Paslon 02 untuk melengkapi berkas yang belum diserahkan, khususnya surat pemberhentian dari instansi terkait.

"Namun di beberapa media, berita yang muncul seolah-olah KPU memberikan ultimatum, padahal kami hanya menjalankan tahapan sesuai aturan, Pencalonan Pak Bahar dan Pak Safrizal telah sesuai dengan PKPU Nomor 8 Tahun 2024. 

Jadi, teman-teman media tolong berhati-hati, jangan asal copy-paste, karena jika ada yang salah, beritanya akan salah semua," pungkasnya Erwin sebagai penutup.

(yusri)


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel

Label

Budaya (16) ekonomi (3) Kesehatan (13) Organisasi (218) Pemerintahan (107) Pendidikan (140) politik (106) Polri/TNI (6) sosial (107) Sumatera Utara (29)

Arsip Blog

Kesaktian Pancasila